Pengaruh antara Job Satisfaction terhadap Service Quality yang dimediasi oleh Person Organization Fit dan Organization Commitment

Authors

  • Annisa Muti'ah Sandra Universitas Trisakti
  • Netania Emilisa
  • Adika Nurul Aulia Mulvi
  • Irne Lestiani

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.36037

Abstract

Dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif, keberhasilan perusahaan sangat bergantung pada tingkat kepuasan pelanggan. Penting bagi pelaku bisnis untuk memastikan kepuasan konsumen, yang hanya dapat tercapai melalui penyediaan pelayanan berkualitas. Kualitas pelayanan seringkali dinilai langsung oleh konsumen melalui interaksi dengan karyawan sebagai penyedia layanan atau produsen jasa. Oleh karna itu, diperlukan usaha untuk meningkatkan kualitas sistem pelayanan guna memenuhi harapan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Kemajuan layanan perbankan terus berkembang pesat berkat inovasi teknologi yang semakin memudahkan kehidupan manusia. Bank harus berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan memberikan kemudahan dan manfaat yang memuaskan bagi nasabah. Dengan asumsi pencapaian kepuasan pelanggan, diharapkan pendapatan perusahaan meningkat, sehingga perusahaan dapat tumbuh sejalan dengan kepercayaan pelanggan.Populasi daalam penelitian ini adalah karyawan PT Bank BRI cabang Jakarta Barat dengan sampel berjumlah 106 responden, dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa job satisfaction, person organization fit dan organization commitment berpengaruh signifikan terhadap service quality.

References

Adhiputra Made Wahyu. (2015). PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KUALITAS LAYANAN HOTEL. In Business Management Journal (Vol. 11, Issue 2).

Agustien, E., & Soeling, D. (2020). Pengaruh Organizational Commitment, Happiness at Work, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai di BKKBN. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(2339–2932), 1–16.

Anindita, A. (2019). Nomor 1-Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. In Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) (Vol. 8).

Dian Sudiantini, & Farhan Saputra. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan: Kepuasan Kerja, Loyalitas Pegawai dan Komitmen di PT Lensa Potret Mandiri. Formosa Journal of Sustainable Research, 1(3), 467–478. https://doi.org/10.55927/fjsr.v1i3.873

Fatilla Bika Mahendra, & Ignatius Soni Kurniawan. (2023). PENGARUH PERSON-JOB FIT DAN PERSON-ORGANIZATION FIT PADA JOB PERFORMANCE PEGAWAI PT PERTAMINA PERSERO SORONG. IMWI, 6.

Fenny Soeprijadi, & Niko Sudibjo. (2021). PERSEPSI KINERJA GURU, DITINJAU DARI PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI, PERSON-ORGANIZATION FIT, DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR. Jurnal Pendidikan, 22(1), 1–15. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.965.2021

Firdausi, A. (2018). PENGARUH SUPERVISI DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMKN DI JAKARTA TIMUR. Jurnal SAP, 2(3).

Hardani Dwi Jayanti. (2022). PENGARUH PERSON ORGANIZATION FIT TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI. Jurnal BK Pendidikan Islam, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.19105/ec.v1i1.1808

Haryanti, N., Diyanus, D., Baqi, A., Abdul, D., Pengawas, B., Kementrian, M., & Kabupaten Blitar, A. (2019). STRATEGI SERVICE QUALITY SEBAGAI MEDIA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. In Journal of Sharia Economics (Vol. 1, Issue 2).

Ika Lenaini. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING INFO ARTIKEL ABSTRAK. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075

Iradawati, S. N. (2019). PENGARUH LOKASI, FASILITAS GEDUNG DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS TENANT PADA PT. WAHANA OPTIMA PERMAI SURABAYA. In Desember (Vol. 16, Issue 2).

Khasanah, N., & Wulandari, F. (n.d.). Peran Manajemen Bakat dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Organizational Citizenship Behavior: Mediasi Person-Organisational Fit.

Kim, Y. H., Shin, S. Il, Kim, H. K., Jun, M., & Wreen, M. (2023). Advanced Practice Nurses’ Organization Commitment: Impact of Job Environment, Job Satisfaction, and Person-Organization Fit. Asian Nursing Research, 17(2), 91–101. https://doi.org/10.1016/j.anr.2023.03.002

Komang, I. M. D., Rahyuda, K., & Riana, I. G. (2016). PERAN KOMITMEN ORGANISASIONAL MEMEDIASI HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN KUALITAS LAYANAN DI HOTEL JIMBARWANA.

Lindah Puspita Sari, & Irfan Helmy. (2020). Pengaruh Person-Organization Fit, Job Embeddedness dan Religiusitas Terhadap Komitmen Organisasional dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 2, Issue 2). http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index

Made, N. D. P., & Riana, I. G. (2014). PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KUALITAS LAYANAN. In Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 8, Issue 1).

Mirawati, R., Ihsani, N., Gunawan, N. F., Putri, N., & Teresya, R. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pada Karyawan (Literature Review Manajemen Kinerja). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1. https://doi.org/10.38035/jim.v1i3

Ni Made Dwi Puspitawati, & I Gede Riana. (2014). PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KUALITAS LAYANAN. In Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 8, Issue 1).

Norizan Baba Rahim. (2019). The effect of work-family conflict towards job satisfaction and emotional well-being: Problem-focused coping as mediator. Jurnal Pengurusan, 57, 1–16. https://doi.org/10.17576/pengurusan-2019-57-03

Octaviani, H. (2015). PERSON-ORGANIZATION FIT, KEPUASAN KERJA, DAN TURNOVER INTENTION: STUDI EMPIRIS PADA KARYAWAN GENERASI Y INDUSTRI PERBANKAN DI INDONESIA. JURNAL MANAJEMEN, 12.

Ollani Vabiola Bangun, I Wayan Gede Supartha, & Made Subudi. (2017). PENGARUH PERSON-JOB FIT DAN PERSON-ORGANIZATION FIT TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6.5.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Purnamasari, R., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2017). Management Analysis Journal PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT DAN MOTIVASI KERJA PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. In Management Analysis Journal (Vol. 6, Issue 1). http://maj.unnes.ac.id

Pusparani, M. (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4

Putra, R. A. (2021a). DAN KEPUASAN KERJA (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA). Jurnal Ilmi Manajemen Terapan, 2(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4

Putra, R. A. (2021b). DAN KEPUASAN KERJA (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA). JURNAL ILMU MANAJEMEN TERAPAN, 2(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4

Rafika Ulfa. (2020). VARIABEL PENELITIAN DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman.

Rinaldo Putra, A., Safrianti, S., Ekonomi dan Bisnis, F., Studi Manajemen, P., ProfDRHazairin, U., Jalan Jend Yani No, B. A., Ros, K., Tlk Segara, K., & Bengkulu, K. (2023). Pengaruh Person Organization Fit, Person Job Fit dan Instrinsic Motivation Terhadap Job Satisfaction Pada Karyawan. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 446–451. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.720

Rizqi Anggraheni Rasito Putri, & Parmin. (2022). Pengaruh Person Job Fit, Person Organization Fit Terhadap Komitmen Organisasi dengan Job Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5.

Rumangkit, S., & Maryati, S. (n.d.). PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL MELALUI KEPUASAAN KERJA PADA KARYAWAN IBI (INFORMATICS AND BUSINESS INSTITUTE) DARMAJAYA.

Rumangkit, S., & Maryati, S. (2017). PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL MELALUI KEPUASAAN KERJA PADA KARYAWAN IBI (INFORMATICS AND BUSINESS INSTITUTE) DARMAJAYA.

Sigit Santosa, & Purnama Putri Luthfiyyah. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI GAMEFIELD HONGKONG LIMITED. Junal Bisnis Dan Pemasaran, 10.

Subagiyo, R., & Adlan, M. A. (2017). Pengaruh Service Quality, Marketing Mix dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(1), 1. https://doi.org/10.21067/jem.v13i1.1567

Suratno, Margono, & Puspaningrum Astrid. (2016). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Value, Trust dan Loyalitas Pengguna Jasa PT Jasa Raharja (PERSERO) Jakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3.

Surianto, A. R., & Japarianto, E. (2017). ANALISA PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SALON MADASS.

Taufik Hidayat. (2019). PEMBAHASAN STUDI KASUS SEBAGAI BAGIAN METODOLOGI PENELITIAN. https://www.researchgate.net/publication/335227300

Widyananda, A., Emilisa, N., & Pratana, R. (2014). Pengaruh Public Service Motivation Terhadap Job Satisfaction dan Organizational Citizenship Behavior pada Pegawai Badan Pusat Statistik Jurnal Ekonomi (Vol. 5). www.transparansi.

Wiwit Nur Afie Aussy, & Ketut Sudarma. (2017). 16961-Article Text-41510-1-10-20180122. Management Analysis Journal.

Yozi Rahmat Denus, & Yulihasri. (2022). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA PADANG. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(3).

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Sandra, A. M., Emilisa, N., Aulia Mulvi, A. N., & Lestiani, I. (2023). Pengaruh antara Job Satisfaction terhadap Service Quality yang dimediasi oleh Person Organization Fit dan Organization Commitment. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(6), 667–673. https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.36037

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.