Social Media Marketing untuk Meningkatkan Brand Equity dan Purchase Decisions (Studi Kasus di SMA Islam 7 Al-Azhar Sukoharjo)
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.36390Keywords:
Edukasi, Brand equity, Purchase decisions, Media Sosial, PemasaranAbstract
Suatu perusahaan memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar memiliki brand equity yang lebih baik dibandingkan perusahaan lainnya. Media sosial adalah tools yang sangat penting untuk memasarkan produk atau layanan. SMA Islam Al-Azhar 7 Sukoharjo merupakan salah satu lembaga di bidang pendidikan yang menggunakan media sosial untuk memasarkan pelayanannya. Sayangnya, fluktuasi jumlah pendaftar masih terus terjadi setiap tahunnya, meskipun sekolah ini telah menerapkan social media marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemasaran melalui media sosial terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian SMA Islam Al-Azhar 7 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari 107 siswa sebagai sampel. Metode yang digunakan Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dapat meningkatkan brand equity tetapi tidak secara langsung meningkatkan purchase decisions. Meskipun demikian, social media marketing dapat meningkatkan purchase decisions melalui brand equity sebagai variabel mediasi. Hasil ini menunjukkan bahwa SMA Islam Al-Azhar 7 Sukoharjo dapat membuat beranda media sosial yang menarik dan meningkatkan kualitas konten dengan membuat konten promosi yang modern untuk meningkatkan kepercayaan calon peserta didik bahwa Al Azhar adalah merek yang unggul.
References
Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name.
Ali, H. (2019). Building Repurchase Intention And Purchase Decision: Brand Awareness And Brand Loyalty Analysis (Case Study Private Label Product In Alfamidi Tangerang). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 04(09), 623–634. https://doi.org/10.36348/sjhss.2019.v04i09.009
Ansari, S., Ansari, G., Ghori, M. U., & Kazi, A. G. (2019). Journal Of Public Value And Administration Insights Impact Of Brand Awareness And Social Media Content Marketing On Consumer Purchase Decision. 2(2), 5–10.
Chakraborty, U. (2019). The Impact Of Source Credible Online Reviews On Purchase Intention: The Mediating Roles Of Brand Equity Dimensions. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(2), 142–161. https://doi.org/10.1108/JRIM-06-2018-0080
Datareportal. (2023). Digital 2023 : Indonesia. Datareportal.
Haudi, Handayani, W., Musnaini, Totok, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., Wijoyo, H., Yonata, H., Koho, I. R., & Cahyono, Y. (2022). The Effect Of Social Media Marketing On Brand Trust, Brand Equity, And Brand Loyal. International Journal of Data and Network Science. 6, 961–972. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.1.015
Karamang, E. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Memilih Pada Sekolah Bisnis Di Bandung. Management and Entrepreneurship Journal, 5(1), 20–31.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Purchase Decisions Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts Dan Coffee Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–8.
Leviana, T. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Willingness To Pay Premium Price melalui Brand Equity pada Konsumen Estee Lauder. Agora, 7(1), 1–6.
Masruroh, D. M., Sardjono, S., & Halik, A. (2019). Pengaruh Harga, Sosial Media Marketing Dan Brand Equity Terhadap Customer Purchase Decision Melalui Consumer Respon Sebagai Variabel Intervening Pada Jamaah Umroh PT Saraya Anugrah Di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4(2), 987–1003.
Mustikasari, A., & Widaningsih, S. (2019). The Influence Of Viral Marketing Toward Brand Awareness And Purchase Decision. 65(Icebef 2018), 647–650. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.138
Putra, I. D. P. G. W., & Aristana, M. D. W. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Dan Purchase Intention (Studi Kasus : SMK Kesehatan Sanjiwani Gianyar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11, 1035. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i11.p01
Qotrunada, R. N. (2017). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Brand Equity Dan Dampaknya Pada Purchase Decisions Ulang (Studi Kasus Pada Media Sosial Adorable Project. IPB Repository.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-building Approach (7th Edition).
Seo, E. J., & Park, J. W. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management, 66(August 2017), 36–41. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.09.014
Situmorang, S. H., Mulyono, H., & Berampu, L. T. (2018). Peran Dan Manfaat Sosial Media Marketing Bagi Usaha Kecil. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 1(2), 77–84.
Solis, B. (2011). Enggage the complete guide for brand and business to build, cultivate, and measure success in the new web.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sumardi, A. (2019). Brand Equity: Anticedents Consumer Responses. Media Riset Bisnis & Manajemen, 18(2), 100–110. https://doi.org/10.25105/mrbm.v18i2.5002
Tresna, P. W., Chan, A., & Herawaty, T. (2021). Pengaruh Brand Equity Terhadap Purchase Decisions (Studi Pada Konsumen Shopee). AdBispreneur, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i1.26473
Wantini, E., & Yudiana, F. E. (2021). Social Media Marketing And Brand Personality To Brand Loyalty With Brand Trust And Brand Equity As A Mediator. Indonesian Journal of Islamic Economics Research, 3(1), 1–14. http://e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/ijier
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.