Pengaruh Media Sosial Marketing Activities Terhadap Brand Trust, Brand Love, Brand Equity pada Sektor Perbankan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i5.36963Abstract
Penggunaan sosial media telah mengalami kenaikan yang signifikan dari seluruh negara terutama Indonesia. Sosial media telah menjadi sebagai jembatan setiap pengguna melakukan aktivitasnya dalam dunia maya dan memunculkan adanya pengaruh Sosial Media Marketing Activities dalam meningkatkan Brand Equity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial Marketing Acitivities, terhadap Brand Trust, Brand Love, Brand Equity terhadap 289 responden. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dengan menggunakan kuesioner. Data sekunder dengan menggunakan sumber buku dan artikel ilmiah. Teknik analisis dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) dan menggunakan tools IBM SPSS Amos version 26 untuk mengetahui pengaruh Media Sosial Marketing Acitivities, Brand Love, terhadap Brand Trust, Brand Equity. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Media Sosial Marketing Acitivities berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love dan brand trust. Media Sosial Marketing Acitivities tidak berpengaruh terhadap Brand Equity. Brand Love berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Equity. Brand Trust berpengaruh positif terhadap Brand Equity.
References
Akmala, S. (2019). PERKEMBANGAN INTERNET PADA GENERASI MUDA DI INDONESIA DENGAN KAITAN UNDANG-UNDANG ITE YANG BERLAKU. Cyber Security Dan Forensik Digital, 1(2). https://doi.org/10.14421/csecurity.2018.1.2.1371
Alamsyah, R. A. (2018). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Toko Online. Manajemen Bisnis, 6(2). https://doi.org/10.22219/jmb.v6i2.5542
Anastasya, A., Misjedi, N. binti, Gunawan, M. J., Leo, M., & Tunjungsari, H. K. (2022). The Impact of Storytelling Marketing on Brand Equity and Purchase Decisions on Shopee During Pandemic Covid-19. Proceedings of the 3rd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2021), 655. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220404.332
Anjani, H., Ruswanti, E., & Indrawati, R. (2022). EWOM, Kepercayaan, Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang pada Poliklinik Penyakit dalam di RS ABC Jakarta. Jurnal Health Sains, 3(3), 402–414. https://doi.org/10.46799/jhs.v3i3.445
Budiyanto, A. (2021). Pemasaran Jasa: Pengertian dan Perkembangan. 120.
Burcori, A. (2018). Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Sosialisasi Pembangunan Melalui Media Sosial. OMNICOM Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1).
Cahyani, P.D., Welsa, H. & Krisdiantoro, F. (2022). Pengaruh strategi komunikasi pemasaran dan pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian dengan persepsi kualitas sebagai variabel intervening pada aplikasi Shopee. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 2614–1280.
Eka Yan Fitri, M., & Chairoel, L. (2019). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BERDASARKAN GENDER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Benefita, 1(1). https://doi.org/10.22216/jbe.v1i1.3849
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2).
Gómez, M., Fernández, A. C., Molina, A., & Aranda, E. (2018). City branding in European capitals: An analysis from the visitor perspective. Journal of Destination Marketing and Management, 7, 190–201. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2016.11.001
Hamilton, M., Kaltcheva, V. D., & Rohm, A. J. (2016). Social Media and Value Creation: The Role of Interaction Satisfaction and Interaction Immersion. Journal of Interactive Marketing, 36, 121–133. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2016.07.001
Haudi, Handayani, W., Musnaini, Suyoto, Y. T., Prasetio, T., Pital-Oka, E., … Cahyono, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3). https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.1.015
Izzah, F. N., Munfiah, A., Apriliani, S. T., Risdiyanti, V. P., & Pratiwi, R. (2022). INTENSITAS KEPERCAYAAN KONSUMEN, CITRA MEREK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS CUSTOMER CHATIME DI MALL CIPUTRA SEMARANG. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 9(1). https://doi.org/10.31602/al-kalam.v9i1.5248
Jilan Dwina Suryaputri, & Ratri Rizki. (2022). Fenomena Junalisme TikTok di Media Baru. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 1(2). https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i2.492
Limanseto, H. (2022). Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tahun 2021 Berikan Sinyal Positif Terhadap Prospek Ekonomi Tahun 2022. Kementerian Keuangan RI.
Majeed, M., Owusu-Ansah, M., & Ashmond, A. A. (2021). The influence of social media on purchase intention: The mediating role of brand equity. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1944008
Masnita, Y., Puspitasari, P., Khomsiyah, & Hermien. (2019). Online social influencer: The impact of modern marketing toward m-shopping. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5).
Masnita, Y., Yakub, A., Nugraha, A. T., & Riorini, S. V. (2019). Influence of government support, technology support and islamic banking awareness on Islamic banking choice in Indonesia with moderating role of religiosity. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 6(8).
Maulid, L. C., Bawono, I. R., & Sudibyo, Y. A. (2021). The Effect of Government Expenditure on Economic Growth in Indonesia. Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 16(1). https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v16i1.3172
Meliana, M., & Hartono, T. R. (2019). FRAUD PERBANKAN INDONESIA: STUDI EKSPLORASI. Prosiding Seminar Nasional Pakar. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.4335
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Purwanti, A., & Wahdiniwaty, R. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kewajaran Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cinderella School Of English For Children Dibandung. Jimm Unikom, 62–75.
Qurniawati, R. S., & Nurohman, Y. A. (2018). eWOM PADA GENERASI Z DI SOSIAL MEDIA. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 20(2).
Ramadhan, L., & Masnitasiagian, Y. (2019). Impact of Customer Perceived Value on Loyalty: In Context Crm. In Quest Journals Journal of Research in Business and Management (Vol. 7).
Rizkia, R., & Oktafani, F. (2020). The Effect Of Storytelling Marketing On Purchasing Decisions Through Brand Equity As Intervening Variable On Gojek In Jakarta. International Journal of Management, Entrepreneurship, Social Science and Humanities, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.31098/ijmesh.v3i1.190
Sary, A. (2020). Social Media for Susi Pudjiastuti to Build Maritime Security Awareness in Indonesia. Communicare : Journal of Communication Studies, 6(2).
Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness , Purchase. Manajemen Pemasaran, 12(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R & D). In Bumi Aksara.
Zarantonello, L., Grappi, S., Formisano, M., & Brakus, J. (2020). How consumer-based brand equity relates to market share of global and local brands in developed and emerging countries. International Marketing Review, 37(2). https://doi.org/10.1108/IMR-05-2018-0176
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizka Nur Fauziyah, Yolanda Masnita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.