Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek dan Gaya Hidup terhadap Minat Beli pada Produk Nescafe di Kota Batam

Authors

  • Ikhwanul Ikhsan Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, Universitas Putera Batam
  • M Khoiri Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.37187

Keywords:

Citra Merek, Gaya Hidup, Kesadaran Merek, Minat Beli.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak pengaruh citra merek, kesadaran merek dan gaya hidup terhadap minat beli pada produk Nescafe di Kota Batam. Populasi penelitian ini berkonsentrasi pada sejumlah konsumen di Batam telah membeli produk Nescafe, meskipun jumlahnya tidak bisa dipastikan dengan pasti. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada rumus Jacob Cohen dengan temuan hasil sebanyak 204 responden yang ditarik didasari pada purposive sampling. Analisis data yang dikumpulkan menggunakan metode regresi linier berganda yang melibatkan beberapa tahapan seperti uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan pengujian hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda telah dapat mengungkapkan bahwa citra merek memberikan pengaruh dengan besaran 14,2% terhadap minat beli. Kesadaran merek memberikan pengaruh dengan besaran 12,8% terhadap minat beli. Gaya hidup memberikan pengaruh dengan besaran 70,8% terhadap minat beli. Pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa pengaruh kolektif citra merek, kesadaran merek dan gaya hidup menyumbang sekitar 61,2% terhadap variabilitas yang diamati terhadap minat beli. Lebih lanjut, hasil uji t dan uji F menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara citra merek, kesadaran merek dan gaya hidup terhdap minat beli pada produk Nescafe di Kota Batam.

References

Afiany, F. D., & Fajari, I. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Minat Beli Pakaian Second Di Sa Thrift Shop. Ekonam: Jurnal Ekonomi, Akuntansi & Manajemen, 4(1), 18–24. https://doi.org/10.37577/ekonam.v4i1.479

Cahyasetiyadin, B. N., & Rachmi, A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Emas Di Galeri Azizah. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(2), 109–112.

Daulay, R., & Handayani, S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Kepribadian terhadap Minat Belanja Online melalui Aplikasi Lazada. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 478–486. https://ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/347

Dewi, T. P., & Rafida, V. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Motor Matic Honda Scoopy Prestige Pada Mahasiswa Feb …. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2).

Efendi, B., Setiyawan, F., & Astuti, M. (2022). Pengaruh Country of Origin, Citra Merek, Perceived Quality Dan Product Knowledge Terhadap Minat Beli (Studi Pada Sepeda Motor Yamaha Nmax Di Mataram Sakti Wonosobo). Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2(5), 84–94.

Firdayanti, A., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Mie Lemonilo Di Kota Bekasi. Jurnal Economina, 2(9), 2628–2643. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.838

Hardiyanti, I., & Fadilla, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Pada Skincare Bebwhite C Di Kabupaten Karawang Tahun 2021. YUME : Journal of Management, 5(1), 143–160. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/1923

Julianto, Y. A., & Harimurti, C. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Sepatu Vans Di Summarecon Mall Kota Bekasi. Jurnal Bisnis Terapan, 2(2), 130–137.

Manggala, T. A., & Hidayat, A. (2021). Pengaruh Kebijakan Harga , Citra Merek , dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Spring Bed King Koil PT . Duta Abadi Primantara. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(1).

Meliyani, & Sukati, I. (2023). Pengaruh keragaman produk, brand image , dan promosi terhadap minat menabung pada pt bpr sejahtera batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 23(2), 84–95.

Muniarty, P., Saputri, D., Aprianti, Arisandi, D., Ikasanti, P. W., & Wahyuni, T. (2021). Pengaruh Harga & Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Masyarakat. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 91–102. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v14i1.370

Nikmatulloh, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Minat Beli Online Pada Marketplace Bukalapak (Studi Pada Pengguna Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 837–848. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29832

Putri, S. H. D. E., & Saputra, A. (2023). Pengaruh citra merek, kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pixy two way cake di kota batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 23(2), 60–71.

Rozi, A. F., & Nasikan. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Produk Batik Tulis Mutiara Sendang Lamongan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 126–140. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i2.9050

Rumbiati, & Heriyana. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Kemudahan Terhadap Minat Beli Mahasiswa dalam Berbelanja Online (Studi Pada Mahasiswa di Kota Sekayu). Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bianis, 1(1), 57–65.

Sari, S. (2019). Pengaruh Kelompok Referensi, Online Customer Review Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 45–80.

Sari, Y. R., Harliyani, S., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Celebrity Endorser Enzy Storia Terhadap Minat Beli Produk Erigo. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.57084/bej.v3i1.782

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). ALFABETA.

Sumual, P. S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2023). Analisis Kesadaran Merek Dan Persepsi Kualitas Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mobil Di Pt. Hasjrat Abadi Manado Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA, 11(1), 1271–1281.

Tae, B. E., & Bessie, J. L. D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Minat Membeli Ulang (Repurchase Intention) (Survei Pada Pelanggan the Kings Resto Kupang). Transformatif, 10(1), 27–45. https://doi.org/10.58300/transformatif.v10i1.162

Wiyanti, S., Maulana, A., Hidayah, A. N., Yusufi, F. R., & M. Yunus Erdiansyah. (2023). Pengaruh Lingkungan, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Angkringan Di Kota Tegal. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i2.6

Yani, Z., Kumalasari, F., & Wonua, A. R. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan (Studi Kasus Konsumen Wardah Kolaka). Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(6), 195–208.

Yuanita, I. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Serba 35 Ribu Padang. Jurnal EMBA, 12(Desember), 1–7.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Ikhsan, I., & Khoiri, M. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek dan Gaya Hidup terhadap Minat Beli pada Produk Nescafe di Kota Batam. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(1), 136–148. https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.37187

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.