The Influence of Product Quality, Promotion and Product Diversity on Customer Purchasing Decisions Indomaret Orchid Park 11
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i2.37679Abstract
This research aims to assess the influence of product quality, promotion and product diversity on the purchasing decisions of Indomaret Orchid Park 11 customers. The subjects used as the population for this study are individuals who purchased at Indomaret Orchid Park 11, Batam City in 2023, the exact number is not known, while the sample consisted of 204 respondents selected using the Jacob Cohen formula method drawn using purposive sampling. To analyze the data, the multiple linear regression method was used to test data quality, classical assumptions, influences and hypotheses. The results of multiple linear regression analysis show that product quality has an impact of 21.3% on purchasing decisions. Promotions have an impact of 31.6% on purchasing decisions. Product diversity has an impact of 29.7% on purchasing decisions. From the analysis of the coefficient of determination (R2), it can be concluded that the combination of product quality, promotion and product diversity can explain around 68.2% of the variation that occurs in purchasing decisions. In addition, the t test and F test show that product quality, promotion and product diversity partially or jointly have a positive and significant effect on Indomaret Orchid Park 11 customers' purchasing decisions.
References
Calvary, T., & Syahrinullah, S. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Merek “NIKE” dikota Jepara. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 151–160.
Hansen, C., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Keragaman Produk , Kualitas Produk , dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Hyundai pada PT Pionir Auto Mobil. Disrupsi Bisnis, 6(5), 551–562.
Jimmy, J., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh Personal Selling, Promosi dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Advan PT Maju Telekomunikasi Batam. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 90. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.918
Kristamus, S., & Purba, T. (2023). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Remaja Pada Tissue Basah Dettol Di Kota Batam. ECo-Buss, 5(3), 894–906. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.650
Lan, A., & Wangdra, Y. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sandal Eiger pada E-Commerce Shopee. JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, 5(2), 71–83.
Maghfur, M. D., & Urip, W. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Astra Honda Motor Dipaciran Lamongan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(19), 1–18.
Marbun, K. Y., & Khoiri, M. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pembersih Wajah Garnier di Kota Batam. Disrupsi Bisnis, 7(1), 24–34.
Maryati, & Khoiri.M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.
Meliyani, & Sukati, I. (2023). Pengaruh keragaman produk, brand image , dan promosi terhadap minat menabung pada pt bpr sejahtera batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 23(2), 84–95.
Nainggolan, R. A., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Review produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Batam. JEMI, 23(2), 49–59.
Nurhaida, & Realize. (2023). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Bukalapak di Kota Batam. ECo-Buss, 5(3), 907–920.
Oktavira, W., & Sunargo. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bear Brand di Kota Batam. In eCo-Buss (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.628
Putri, S. H. D. E., & Saputra, A. (2023). Pengaruh citra merek, kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pixy two way cake di kota batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 23(2), 60–71.
Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.
Saputri, N. F., & Suhardi. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Two Way Cake Pixy. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 376–386.
Sari, R., & Heryenzus. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ramayana Panbil Kota Batam. ECoa-Buss, 6(2), 474–487.
Sari, V. R., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh Promosi, Word Of Mouth dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Gofood di Kota Batam. Disrupsi Bisnis, 6(1), 11.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). ALFABETA.
Suyono, A., & Ernawati, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk Dan Lokasi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Masitah. Jurnal
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juntaris Parbisukan Simanjuntak, M Khoiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.