Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan Ekonomi

Authors

  • Septiani Nurcahyani Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Anita Aurelia Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Faadhilatu Rahmatillah Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Seni Yanti Waruwu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Novita Amelia Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i6.46279

Keywords:

Pemanfaatan AI, Media Pembelajaran, Pendidikan Ekonomi

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membuka peluang besar bagi dunia pendidikan, khususnya dalam pendidikan ekonomi. Tantangan era digital mengharuskan siswa memahami konsep ekonomi yang dinamis, sementara metode pembelajaran konvensional seringkali terbatas dalam inovasi dan efektivitas. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pemanfaatan AI sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan, dengan meninjau kurangnya penelitian spesifik terkait penerapannya di bidang ini. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur terhadap artikel dari platform SINTA dan GARUDA dalam tiga tahun terakhir (2021–2024). Hasil menunjukkan bahwa penerapan AI dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui platform seperti chatbot, video animasi, e-portofolio, dan teknologi VR. Implementasi AI terbukti mampu mempersonalisasi pembelajaran, meningkatkan pemahaman siswa, dan mendorong kemandirian belajar. Faktor keberhasilan implementasi AI meliputi adaptabilitas teknologi, kemampuan pendidik, dan infrastruktur pendukung. Di sisi lain, tantangan etika, privasi data, dan potensi bias algoritma perlu mendapatkan perhatian serius. Penelitian ini menganjurkan langkah praktis berupa pelatihan AI untuk tenaga pendidik, peningkatan infrastruktur teknologi, serta kolaborasi dengan pengembang untuk menghasilkan solusi yang relevan. Hasilnya diharapkan dapat menjadi rujukan untuk pengembangan inovasi pembelajaran berbasis AI dalam pendidikan ekonomi yang lebih efektif dan responsif terhadap tantangan era digital.

References

Rujukan Buku:

Amalia, A., Fahmy, A. F. R., Sari, N. H. M., Nugroho, D. A., Prabowo, D. S., Pujiono, I. P., ... & Syukron, A. A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) di Sekolah. Penerbit NEM.

Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., ... & Irvani, A. I. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA.

Suhartawan, B., MT, M., Nurmaningtyas, A. R., Deni, H. A., MM, C., Santje Magdalena Iriyanto, M. T., ... & Barsei, A. N. (2024). Metodologi Penelitian. Cendikia Mulia Mandiri.

Rujukan Jurnal:

Fitri, W. A., & Dilia, M. H. H. (2024). Optimalisasi Teknologi AI dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(11), 11-20.

Haerani, Y., & Sallu, S. (2024). Rancangan Aplikasi Pembelajaran Hukum Ekonomi Berbasis Artificial Intelligence (AI) di Perguruan Tinggi. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS: Journal of Information System, 9(1), 87-96.

Hasanah, S. A. N., Ningsi, O., Pratiwi, R. I., & Subagia, W. (2022). Perkembangan Pendidikan di Era 5.0. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 77-85.

Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351-3363.

Isdayani, B., Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Sistem Pendidikan dan Analisis Pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology, 4(1), 714-723.

Kibari, M. A., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Mansur, H. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pictory. Ai pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 867-880.

Lase, D., Waruwu, E., Zebua, H. P., & Ndraha, A. B. (2024). Peran inovasi dalam pembangunan ekonomi dan pendidikan menuju visi Indonesia Maju 2045. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 114-129.

Murdiono, A., Basuki, A., Pahlevi, A. S., Mohd, N., & Hashim, H. N. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Ekonomi Berbasis Kecerdasan Buatan Terintegrasi (Integreted Artificial Intelegence) dengan Ubiquitous Learning. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 179-187.

Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02), 473-486.

Saputri, E. D., Yudiono, U., & Walipah, W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ekonomi Berbasis Telegram Bot. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(2), 210-219.

Sinaga, M. N., Ringo, S. S., & Netrallia, M. C. (2024). Teori Belajar Sebagai Landasan Bagi Pengembangan Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 4(1).

Sumianto, S., Admoko, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran Sosial-Kognitif di Sekolah Dasar: Implementasi Teori Albert Bandura. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 102-109.

Rujukan Prosiding:

Mukti, F. H., & Sudarmiani, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran e-portofolio Berbasis Artificial Intelligence (AI) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas V di Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. PROMAG IPS: Prosiding Magister Pendidikan IPS, 1, 1-12.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Septiani Nurcahyani, Aurelia, A., Rahmatillah, F., Waruwu, S. Y., & Amelia, N. (2024). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan Ekonomi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(6), 823–830. https://doi.org/10.32493/drb.v7i6.46279

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.