Pengaruh Orientasi Tujuan dan Pencapaian terhadap Motivasi Kerja Karyawan Generasi Muda di PT XYZ Bandung

(Studi pada Generasi Muda Usia 16-30 Tahun)

Authors

  • Aulia Fauziah Politeknik Negeri Bandung
  • Mohammad Rizal Gaffar Politeknik Negeri Bandung
  • Amy Elva Silviany Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v8i2.48655

Keywords:

Orientasi Tujuan; Pencapaian; Motivasi Kerja; Generasi Muda

Abstract

Perusahaan menghadapi tantangan dalam mempertahankan motivasi kerja karyawan generasi muda, yang kini mendominasi angkatan kerja dan memiliki ekspektasi kerja yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi tujuan dan pencapaian terhadap motivasi kerja karyawan generasi muda (usia 16–30 tahun) di PT XYZ, sebuah perusahaan energi terbarukan di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan survei menggunakan kuesioner terhadap 127 karyawan generasi muda. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, regresi linear berganda, serta uji hipotesis menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, orientasi tujuan dan pencapaian berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Orientasi tujuan memberikan arah dan makna terhadap pekerjaan, sedangkan pencapaian yang disertai penghargaan dan pengakuan mendorong semangat kerja dan loyalitas. Nilai koefisien determinasi sebesar 57,8% menunjukkan bahwa kedua faktor orientasi tujuan dan pencapaian mampu menjelaskan sebagian besar variasi motivasi kerja karyawan sedangkan 42.2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hasil ini sejalan dengan Self-Determination Theory yang menekankan pentingnya otonomi, kompetensi, dan keterhubungan, serta model PERMA yang relevan dengan karakteristik generasi muda. Dengan demikian, perusahaan perlu memperkuat komunikasi nilai-nilai organisasi dan membangun sistem penghargaan yang sesuai dengan kebutuhan serta harapan generasi muda agar tercipta lingkungan kerja yang produktif, bermakna, dan berkelanjutan.

References

Abdullah, M., Alferjany, O. A., & Alias, R. B. (2020). Generational Differences in values and attitudes within workplace. Psychology and Education, 57(9), 1496–1503. www.psychologyandeducation.net

Apryanto, F. (2022). Peran Generasi Muda Terhadap Perkembangan Teknologi Digital Di Era Society 5.0. Media Husada Journal Of Community Service, 2(2), 130–134. https://doi.org/10.33475/mhjcs.v2i2.35

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2024). Angkatan Kerja (AK) Menurut Golongan Umur. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/Njk4IzI%3D/labor-force--lf--by-age-group.html

Baskoro, D., & Wisunbrata. (2022). Bukan Gaji, Ternyata Ini yang Dicari Milenial dan Gen Z Saat Bekerja. Kompas.Com. https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/16/084812620/bukan-gaji-ternyata-ini-yang-dicari-milenial-dan-gen-z-saat-bekerja?page=all

Bhore, M., & Tapas, P. (2023). An exploratory study of factors influencing career decisions of Generation Z women in Data Science. SA Journal of Human Resource Management, 21, 1–9. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v21i0.2168

Chaniago, H., Muharam, H., & Efawati, Y. (2023). Metode Riset Bisnis dan Permodelan.

Peraturan Perundang-undangan. (2009). Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan Pasal 1 Ayat 1 (pp. 49–56).

Putriningsih, E. E. (2020). Pengaruh Keseimbangan Kehidupan Kerja, Orientasi Tujuan, Remunerasi Dan Spiritualitas Kerja Terhadap Motivasi Berprestasi Karyawan Pt. Lanhai Indonesia Di Mojokerto. Pragmatis, 1(2), 51. https://doi.org/10.30742/pragmatis.v1i2.2085

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-Determination Theory Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. In The Guilfford Press (Vol. 7, Issue 2).

Salsabilla, R. (2024). Makin Banyak Perusahaan Pecat Karyawan Gen Z, Ini 10 Alasannya. Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20241113080927-33-587764/makin-banyak-perusahaan-pecat-karyawan-gen-z-ini-10-alasannya

Salvadorinho, J., Hines, P., Kumar, M., Ferreira, C., & Teixeira, L. (2024). Empowering Generation Z in manufacturing organizations: a 6-factor self-determination extension. Journal of Work-Applied Management, 2021. https://doi.org/10.1108/JWAM-07-2024-0087

Santosa, A. C., & Adiputra, I. G. (2023). Pengaruh Penghargaan dan Iklim Terhadap Motivasi Kerja Gernerasi Z di Jakarta. 01, 122–131.

Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). In Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 3, p. 35). https://doi.org/10.14710/jdep.1.3.35-45

Tuin, L. van, Schaufeli, W. B., Broeck, A. van den, & Rhenen, W. van. (2020). A Corporate Purpose as an Antecedent to Employee Motivation and Work Engagement. Frontiers in Psychology, 11(September). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.572343

Waworuntu, E. C., Kainde, S. J. R., & Mandagi, D. W. (2022). Work-Life Balance, Job Satisfaction and Performance Among Millennial and Gen Z Employees: A Systematic Review. Society, 10(2), 384–398. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.464

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Fauziah, A., Gaffar, M. R., & Silviany, A. E. (2025). Pengaruh Orientasi Tujuan dan Pencapaian terhadap Motivasi Kerja Karyawan Generasi Muda di PT XYZ Bandung: (Studi pada Generasi Muda Usia 16-30 Tahun) . Jurnal Disrupsi Bisnis, 8(2), 178–188. https://doi.org/10.32493/drb.v8i2.48655

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.