Pengaruh Orientasi Tujuan dan Pencapaian terhadap Motivasi Kerja Karyawan Generasi Muda di PT XYZ Bandung
(Studi pada Generasi Muda Usia 16-30 Tahun)
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i2.48655Keywords:
Orientasi Tujuan; Pencapaian; Motivasi Kerja; Generasi MudaAbstract
Perusahaan menghadapi tantangan dalam mempertahankan motivasi kerja karyawan generasi muda, yang kini mendominasi angkatan kerja dan memiliki ekspektasi kerja yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi tujuan dan pencapaian terhadap motivasi kerja karyawan generasi muda (usia 16–30 tahun) di PT XYZ, sebuah perusahaan energi terbarukan di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan survei menggunakan kuesioner terhadap 127 karyawan generasi muda. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, regresi linear berganda, serta uji hipotesis menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, orientasi tujuan dan pencapaian berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Orientasi tujuan memberikan arah dan makna terhadap pekerjaan, sedangkan pencapaian yang disertai penghargaan dan pengakuan mendorong semangat kerja dan loyalitas. Nilai koefisien determinasi sebesar 57,8% menunjukkan bahwa kedua faktor orientasi tujuan dan pencapaian mampu menjelaskan sebagian besar variasi motivasi kerja karyawan sedangkan 42.2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hasil ini sejalan dengan Self-Determination Theory yang menekankan pentingnya otonomi, kompetensi, dan keterhubungan, serta model PERMA yang relevan dengan karakteristik generasi muda. Dengan demikian, perusahaan perlu memperkuat komunikasi nilai-nilai organisasi dan membangun sistem penghargaan yang sesuai dengan kebutuhan serta harapan generasi muda agar tercipta lingkungan kerja yang produktif, bermakna, dan berkelanjutan.
References
Abdullah, M., Alferjany, O. A., & Alias, R. B. (2020). Generational Differences in values and attitudes within workplace. Psychology and Education, 57(9), 1496–1503. www.psychologyandeducation.net
Apryanto, F. (2022). Peran Generasi Muda Terhadap Perkembangan Teknologi Digital Di Era Society 5.0. Media Husada Journal Of Community Service, 2(2), 130–134. https://doi.org/10.33475/mhjcs.v2i2.35
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2024). Angkatan Kerja (AK) Menurut Golongan Umur. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/Njk4IzI%3D/labor-force--lf--by-age-group.html
Baskoro, D., & Wisunbrata. (2022). Bukan Gaji, Ternyata Ini yang Dicari Milenial dan Gen Z Saat Bekerja. Kompas.Com. https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/16/084812620/bukan-gaji-ternyata-ini-yang-dicari-milenial-dan-gen-z-saat-bekerja?page=all
Bhore, M., & Tapas, P. (2023). An exploratory study of factors influencing career decisions of Generation Z women in Data Science. SA Journal of Human Resource Management, 21, 1–9. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v21i0.2168
Chaniago, H., Muharam, H., & Efawati, Y. (2023). Metode Riset Bisnis dan Permodelan.
Peraturan Perundang-undangan. (2009). Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan Pasal 1 Ayat 1 (pp. 49–56).
Putriningsih, E. E. (2020). Pengaruh Keseimbangan Kehidupan Kerja, Orientasi Tujuan, Remunerasi Dan Spiritualitas Kerja Terhadap Motivasi Berprestasi Karyawan Pt. Lanhai Indonesia Di Mojokerto. Pragmatis, 1(2), 51. https://doi.org/10.30742/pragmatis.v1i2.2085
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-Determination Theory Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. In The Guilfford Press (Vol. 7, Issue 2).
Salsabilla, R. (2024). Makin Banyak Perusahaan Pecat Karyawan Gen Z, Ini 10 Alasannya. Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20241113080927-33-587764/makin-banyak-perusahaan-pecat-karyawan-gen-z-ini-10-alasannya
Salvadorinho, J., Hines, P., Kumar, M., Ferreira, C., & Teixeira, L. (2024). Empowering Generation Z in manufacturing organizations: a 6-factor self-determination extension. Journal of Work-Applied Management, 2021. https://doi.org/10.1108/JWAM-07-2024-0087
Santosa, A. C., & Adiputra, I. G. (2023). Pengaruh Penghargaan dan Iklim Terhadap Motivasi Kerja Gernerasi Z di Jakarta. 01, 122–131.
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). In Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 3, p. 35). https://doi.org/10.14710/jdep.1.3.35-45
Tuin, L. van, Schaufeli, W. B., Broeck, A. van den, & Rhenen, W. van. (2020). A Corporate Purpose as an Antecedent to Employee Motivation and Work Engagement. Frontiers in Psychology, 11(September). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.572343
Waworuntu, E. C., Kainde, S. J. R., & Mandagi, D. W. (2022). Work-Life Balance, Job Satisfaction and Performance Among Millennial and Gen Z Employees: A Systematic Review. Society, 10(2), 384–398. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.464
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aulia Fauziah, Mohammad Rizal Gaffar, Amy Elva Silviany

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.