Analisis Kualitas Layanan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kertas Saring Whatman Di PT Laborindo Sarana

Authors

  • Ratih Andalusi Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Ahmad Maulana Irfanudin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.8441

Keywords:

Filter Paper, Service Quality, Purchase Decision

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap Keputusan pembelian produk kertas saring merk Whatman pada PT Laborindo Sarana. Metode yang digunakan adalah metode kausal deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.  Pengambilan sampel dengan metode sensus, dengan total responden sekaligus populasi sebanyak 112 orang. Metode analisis dalam pengelolaan data adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil uji validitas untuk Kualitas layanan didapatkan nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel. Nilai rtabel diperoleh dengan rumus df = n-k (112-1 = 111) dengan taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan semua variabel dalam penelitian ini adalah valid. Hasil penelitiaan menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan terhadap keputusan pembelian dengan persamaaan regresi Y = 8,729- 0,294X. Nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,294 yang mengindikasikan Kualitas layanan terhadap Keputusan Pembelian memberikan kontribusi sebesar 29,4%, sisanya dijelaskan oleh vaiabel lain diluar penelitian ini, Hasil Uji hipotesis thitung > ttabel sebesar 4,018> 1,659, dan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,1 , artinya H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan sigifikan, kualitas layanan terhadap keputusan pembelian produk kertas saring whatman.

 

Kata Kunci: Kertas saring; Kualitas Layanan; Keputusan Pembelian

References

Agustina Vina,Yoestini.2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan ,dan Nilai Pelanggan dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan Joglo Semar Bus. Journal Of Management. Volume 1 No 1. Hal 1-11 : Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Ariawan, Iwan, 1998. Besar dan Metode Sampel Pada Penelitian Kesehatan. Jurusan Biosatistik dan Kependudukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Ghozali, 2005, Analisis Multivariant dengan Program SPSS, UNDIP, Semarang.

Irfanudin, Ahmad. 2020. “Manajemen Pemasaran, Konsep dasar dan Strategiâ€. CV. AA. RIZKY. Banten.

Kementerian Kesehatan, 2010. Kurikulum Pendidikan Diploma III Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II.

Kementerian Kesehatan, 2013. Profil Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II.

Kementerian Kesehatan, 2015. Profil Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II.

Kementerian Kesehatan, 2011. Petunjuk Teknis Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Pendidikan Tenaga Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2015). Priciples of Marketing. 15e Global Edition. Pearson

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Lovelock and Wright. 2011. Principle of Service Marketing and Management.Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey. USA.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Salemba Empat, Jakarta.

Nitisemito, A.S. 2000. Marketing. Cet.Keenam, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Parasuraman, Valarie A. Zheitaml and Leonard L. Berry 1998 . Reassesment of expectation as a comparison standard in measuring service quality: Implication for further research. Journal of Marketing. Chicago. Vol.58, No. 1

Yunita, Irma. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Brand Imange terhadap Loyalitas Pemasang Iklan di PT Radar Banten dan Pesaingnya. Thesis.Universitas Esa Unggul. Jakarta

Downloads

Published

2021-03-27

How to Cite

Andalusi, R., & Irfanudin, A. M. (2021). Analisis Kualitas Layanan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kertas Saring Whatman Di PT Laborindo Sarana. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 156–163. https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.8441

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.