Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor

Authors

  • Fauziah Septiani Universitas Pamulang
  • Robianto Robianto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i1.9117

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, deskriptif dan pengumpulan data dengan observasi, penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 98 responden serta metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji multikoleniearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, analisis korelasi product moment, uji regresi berganda, koefisien determinasi, Uji t dan Uji F. dengan rumus slovin didapat sampel sebanyak 98 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor dengan nilai koefisien sebesar 0,179 artinya jika harga ditingkatkan satu point dengan asumsi variabel kualitas produk tetap maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,179 point, serta  dengan nilai t hitung > t tabel atau 1,883 > 1,661 maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima, artinya Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor. koefien determinasi 20% sedangkan sisanya 80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil perhitungan didapat nilai koefisien korelasi dapat dilihat dengan nilai R yaitu 0,447 dimana harga (x1) dan kualitas produk (x2) memiliki hubungan yang “cukup kuat†terhadap keputusan pembelian (y) karena 0,447 berada diantara 0,40 s/d 0,599.

 

Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

References

Buchori Alma,(2012) “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, CV. Alfabetha, Bandung.

Craven, David W.(2014) Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, Imam.(2013) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.(2012). Marketing Management 13. New Jersey: Personal Prentice Hall, Inc.

F Septiani - Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2017 Pengaruh Harga terhadap Minat Beli (Studi Kasus pada PT Asuransi Jiwa Recapital di Jakarta)

Sugiyono.(2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto,(2012) “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk SMKâ€, PT. Yudhistira, Bogor.

Downloads

Published

2021-01-15

How to Cite

Septiani, F., & Robianto, R. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(1), 21–27. https://doi.org/10.32493/drb.v4i1.9117

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.