Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i1.9117Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, deskriptif dan pengumpulan data dengan observasi, penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 98 responden serta metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji multikoleniearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, analisis korelasi product moment, uji regresi berganda, koefisien determinasi, Uji t dan Uji F. dengan rumus slovin didapat sampel sebanyak 98 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor dengan nilai koefisien sebesar 0,179 artinya jika harga ditingkatkan satu point dengan asumsi variabel kualitas produk tetap maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,179 point, serta dengan nilai t hitung > t tabel atau 1,883 > 1,661 maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima, artinya Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor. koefien determinasi 20% sedangkan sisanya 80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil perhitungan didapat nilai koefisien korelasi dapat dilihat dengan nilai R yaitu 0,447 dimana harga (x1) dan kualitas produk (x2) memiliki hubungan yang “cukup kuat†terhadap keputusan pembelian (y) karena 0,447 berada diantara 0,40 s/d 0,599.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian
References
Buchori Alma,(2012) “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, CV. Alfabetha, Bandung.
Craven, David W.(2014) Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.
Ghozali, Imam.(2013) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.(2012). Marketing Management 13. New Jersey: Personal Prentice Hall, Inc.
F Septiani - Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2017 Pengaruh Harga terhadap Minat Beli (Studi Kasus pada PT Asuransi Jiwa Recapital di Jakarta)
Sugiyono.(2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto,(2012) “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk SMKâ€, PT. Yudhistira, Bogor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.