Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian serta Implikasinya terhadap Kepuasan Konsumen pada PT RJI
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i3.48934Keywords:
Promosi; Citra Merek; Kualitas Pelayanan; Keputusan Pembelian; Kepuasan Konsumen.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, citra merek, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening pada PT RJI. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 100 responden melalui teknik purposive sampling. Proses analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji hipotesis, serta Sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t sebesar 3,334 > 1,984 dan signifikansi 0,001 < 0,05. Sebaliknya, citra merek berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (t = -5,770 < 1,984; sig = 0,000 < 0,05), sedangkan kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan (t = 8,341 > 1,984; sig = 0,000 < 0,05). Secara simultan, promosi, citra merek dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (F = 57,452 > 3,090; sig = 0,000 < 0,05). Selanjutnya, promosi, citra merek, kualitas pelayanan dan keputusan masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Namun, keputusan pembelian tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan (t = 1,662 < 1,984; sig = 0,100 > 0,05). Selain itu, promosi, citra merek, dan kualitas pelayanan juga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening (t = 1,615 < 1,984; sig = 0,053 > 0,05).
References
Aaker, D. A. (1997). Building Strong Brands. Free Press.
Akbar, I. R., Erlangga, H., Jasmani, J., Oktarini, R., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 94–100. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i1.9986.
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada E-Commerce Tokopedia di Kota Manado. Jurnal EMBA, 10(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/38284
Arianto, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Daphubu Kampung Aceh. Jurnal Ilmiah Swara Manajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 270–284. https://media.neliti.com/media/publications/563899-pengaruh-kualitas-produk-dan-kualitas-pe-8deb555b.pdf
Arianto, N., & Rahayu, S. (2022). Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(6). https://doi.org/10.32493/drb.v5i6.25220.
Indrawati, R., & Sari, D. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 21(1), 45–53.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Lavidge, R. J., & Steiner, G. A. (1961). A Model for Predictive Measurements of Advertising Effectiveness. Journal of Marketing, 25(6), 59–62.
Lestari, W., & Gunawan, A. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 120–132.
Mehrabian, A., & Russell, J. A. (1974). An Approach to Environmental Psychology. MIT Press.
Oliver, R. L. (1980). A Cognitive Model of the Antecedents and Consequences of Satisfaction Decisions. Journal of Marketing Research, 17(4), 460–469.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Pungus, P. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi melalui Keputusan Pembelian terhadap Kepuasan Pelanggan pada Samsung Galaxy S4 di Surabaya. Universitas Pelita Harapan Institutional Repository.
Yuliana, D., & Hartono, B. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(2), 45–56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurmin Arianto, Suharni Rahayu, Fauziah Septiani, Asri Nabila Jahro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.