Pengaruh Kompensasi Manajemen, Umur Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Penghindaran Pajak

Authors

  • Sapta Setia Darma Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9551

Abstract

Kecenderungan beberapa tahun terakhir penghindaran pajak yang dilakukan perusahaan selain berkaitan langsung dengan faktor manajemen perusahaan, juga adanya faktor lain diluar manajamen perusahaan, selain itu masih kurangnya penelitian tentang kompensasi manajemen, umur perusahaan dan pertumbuhan penjualan dalam kaitannya dengan penghindaran pajak, mendorong penulis untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi manajemen, umur perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap penghindaran pajak pada seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling dan memperoleh sampel penelitian sebanyak 64 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kompensasi manajemen dan umur perusahaan berpengaruh terhadap penghindaran pajak, sedangkan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Secara simultan menunjukkan kompenasi manajemen, umur  perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak.

 

Kata kunci: Kompensasi Manajemen; Umur Perusahaan; Pertumbuhan Penjualan.

References

Amri, Muhtadin. Pengaruh Kompensasi Manajemen Terhadap Penghindaran Pajak Dengan Moderasi Diversifikasi Gender Direksi dan Preferensi Risiko Eksekutif Perusahaan di Indonesia, 2017.

Bestivano, Wildham. Pengaruh uura perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap prataan laba, 2013.

Darmawan. metode penelitian kuantitatif. Bandung, 2013.

Ghozali, Imam. aplikasi analisis multivariete. semarang: Universitas Diponogoro, 2016.

Hidayat, Wastam Wahyu. pengaruh profitabilitas, leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap penghindaran pajak, 2018.

Ikhsan, Lopiyoadi dan. praktiem metode riset bisnis, 2015.

Irawan, Farahmita. Pengaruh Kompensasi Manajemen Dan Corporate Governance Terhadap Manajemen Pajak Perusahaan, 2012.

Kadarisman. manajemen kompensasi. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2014.

Kasmir. Analisi laporan keuangan. Jakarta, 2012.

Mahanani, Almaidah. Pengaruh karakteristik perusahaan,sales growth dan CSR terhadap tax avoidance, 2017.

Mardiasmo. perpajakan. Yogyakarta: Andi, 2018.

Mayarisa, Oktamawati. pengaruh karakteristik eksekutif,komite audit,ukuran perusahaan,leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance, 2017.

Pohan, Chairil Anwar. Manajemen perpajakan. Jakarta: PT Gramedia, 2016.

Sahaja, Irwan. pengertian penjualan, 2014.

Setiawan, Ida Ayu Rosa Dewinta & Putu Ery. pengaruh ukuran perusahaan,umur perusahaan,profitabilitas, leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance, 2016.

Silvia, Yeanualita Selly. Pengaruh manajemen laba,umur perusahaan, ukuran perusahaan,dan pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance, 2017.

Sudaryono. metodelogi penelitian. 2014.

Sugiyono. metodologi penelitian penelitian kuantatif, kualitatif dan kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sujarweni, V.Wiratna. metodologi penelitian. Yogyakarta: Pustaka baru, 2014.

Downloads

Published

2021-03-27

How to Cite

Darma, S. S. (2021). Pengaruh Kompensasi Manajemen, Umur Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 118–128. https://doi.org/10.32493/drb.v4i2.9551

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.