PENGEMBANGAN MODEL SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan siswa di sekolah bukan semata-mata hanya menjadi tanggung jawab sekolah. Orang tua dalam memonitoring perkembangan anaknya merupakan sebuah keharusan dan tidak boleh dikesampingkan. Secara ideal, sekolah menempati posisi sebagai sarana pendidikan formal dan pembinaan moral anak agar bisa memposisikan dirinya dengan baik dalam masyarakat. Sedangkan rumah (orang tua) merupakan sarana pendidikan dasar moral anak dalam kegiatan sehari-harinya. Selain itu, rumah diharapkan menjadi pendukung kebijakan yang diterapkan sekolah. Dengan demikian, tercapailah keselarasan antara sekolah dan rumah dalam membimbing dan mendidik anak.
Untuk menciptakan keselarasan tersebut diperlukan sistem komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orang tua. Bentuk sistem komunikasi yang dimaksud adalah sebuah sistem informasi yang dapat memonitor perkembangan anak di sekolah, baik oleh pihak sekolah itu sendiri, maupun orang tua di rumah.
Penulis dalam hal ini, bermaksud mengembangkan sebuah model sistem informasi monitoring perkembangan siswa sekolah menengah atas di mana penulis bekerja sebagai pengajar, yaitu SMA Negeri 7 Bogor. Sistem informasi yang berjalan saat ini masih sering menggunakan cara manual, seperti melalui surat, telepon, dan kunjungan wali kelas yang tentunya kurang efektif maupun efisien. Padahal sekolah telah cukup lama memiliki website sekolah, namun belum digunakan secara optimal.
Kata Kunci
Pengembangan model, sistem informasi monitoring, perkembangan siswa.