PENGEMBANGAN MODEL SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Syafril Chairiansyah Universitas Pamulang

Abstract

 

 ABSTRAK

Perkembangan siswa di sekolah bukan semata-mata hanya menjadi tanggung jawab sekolah. Orang tua dalam memonitoring perkembangan anaknya merupakan sebuah keharusan dan tidak boleh dikesampingkan. Secara ideal, sekolah menempati posisi sebagai sarana pendidikan formal dan pembinaan moral anak agar bisa memposisikan dirinya dengan baik dalam masyarakat. Sedangkan rumah (orang tua) merupakan sarana pendidikan dasar moral anak dalam kegiatan sehari-harinya. Selain itu, rumah diharapkan menjadi pendukung kebijakan yang diterapkan sekolah. Dengan demikian, tercapailah keselarasan antara sekolah dan rumah dalam membimbing dan mendidik anak.

Untuk menciptakan keselarasan tersebut diperlukan sistem komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orang tua. Bentuk sistem komunikasi yang dimaksud adalah sebuah sistem informasi yang dapat memonitor perkembangan anak di sekolah, baik oleh pihak sekolah itu sendiri, maupun orang tua di rumah.

Penulis dalam hal ini, bermaksud mengembangkan sebuah model sistem informasi monitoring perkembangan siswa sekolah menengah atas di mana penulis bekerja sebagai pengajar, yaitu SMA Negeri 7 Bogor. Sistem informasi yang berjalan saat ini masih sering menggunakan cara manual, seperti melalui surat, telepon, dan kunjungan wali kelas yang tentunya kurang efektif maupun efisien. Padahal sekolah telah cukup lama memiliki website sekolah, namun belum digunakan secara optimal.

Kata Kunci

Pengembangan model, sistem informasi monitoring, perkembangan siswa.



Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Chairiansyah, S. (2021). PENGEMBANGAN MODEL SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 13(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/14970

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.