SISTEM MONITORING DAN KEAMANAN PINTU BERBASIS SMS MENGGUNAKAN ARDUINO UNO

Authors

  • Deanna Durbin Hutagalung

Abstract

Saat ini keperluan akan sistem keamanan meningkat pesat. Keperluan itu didasarkan dengan banyaknya kasus pencurian khususnya pada daerah yang kurang cepat dalam penanganan saat terjadi tindak pencurian. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem keamanan pintu dengan sensor limit switch serta notifikasi SMS berbasis mikrokontroler yang diharapkan mampu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan perangkat lunak Arduino IDE yang merupakan perangkat lunak untuk memprogram mikrokontroler pada sistem keamanan. Perangkat keras yang digunakan adalah komponen elektronika, yaitu board Arduino Uno, Sensor Limit Switch, Buzzer, LCD, Relay Modul, GSM Modul, dan Handphone.

Uji coba yang dilakukan pada sistem keamanan ini diantaranya: Pertama, Pengujian fungsi alat yang digunakan. Kedua, Pengujian jarak maksimal dari sinyal koneksi modul GSM antara sistem keaamanan dengan Handphone. Ketiga, Pengujian waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman SMS hingga sampai ke nomor tujuan.

Hasil uji coba sebagai berikut : sensor Limit Switch dapat mendeteksi pergerakan dan berfungsi dengan baik. Jarak maksimal dari sinyal koneksi module GSM pada sistem keamanan adalah tergantung dari kartu sim yang di gunakan. Waktu pengiriman notifikasi SMS hingga diterima oleh nomor tujuan adalah 2 detik pada sinyal bagus (5 bar), 5 detik pada sinyal sedang (3 bar), dan 8 detik pada sinyal buruk (1 bar).

 

Kata kunci : Sistem Keamanan, Arduino, Mikrokontroller

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Hutagalung, D. D. (2022). SISTEM MONITORING DAN KEAMANAN PINTU BERBASIS SMS MENGGUNAKAN ARDUINO UNO. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 12(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/18175

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.