PERANCANGAN APLIKASI BAHAN AJAR LOGIKA INFORMATIKA MENGGUNAKAN MODEL IDEAL PROBLEM SOLVING BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS UNIVERSITAS PAMULANG)

Authors

  • Thoyyibah T. Universitas Pamulang
  • Rinna Rachmatika
  • Deanna Durbin Hutagalung

Abstract

ABSTRAK

Logika informatika merupakan proses mempelajari cara bernalar yang benar. Dengan berlogika seseorang bisa memiliki pengetahuan yang menjadi premisnya. Didalam percakapan sehari-hari kita biasanya mengunakan penalaran akal atau menururt akal. Logika sebagai istilah berarti suatu metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketetapan penalaran. Sedangkan penalaran yaitu suatu bentuk pikiran. Pernyataan pikiran manusia adakalanya mengungkapkan keinginan, perintah tertentu baik dinyatakan dalam bentuk positif maupun bentuk negatif. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang banyak hitungahitungan dengan proses bernalar. Logika informatika harus dipahami betul cara menghitung dan penjabarannya. Namun adakalanya mahasiswa tidak terlalu memahami mata kuliah ini. Untuk itu perlu adanya metode pembelajaran terbaru melalui android untuk menambah pemahaman mahasiswa. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model IDEAL problem solving berbasis android didalam pengajaran mata kuliah logika informatika bisa lebih efektif di terima olah mahasiswa. Logika Informatika merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa sebagai syarat untuk mendapatkan gelar S-1 pada program studi Teknik Informatika, Universitas Pamulang. Kemampuan mahasiswa yang berbedabeda dalam memahami sebuah materi yang disampaikan serta besarnya presentase ketidaklulusan mahasiswa pada mata kuliah Logika Informatika menjadi dasar pembangunan aplikasi multimedia pembelajaran Tabel Kebenaran ini.Seperti yang di ketahui materi Tabel Kebenaran merupakan dasar materi dari mata perkuliahan Logika Informatika dan diharapkan dengan adanya multimedia pembelajaran Tabel Kebenaran dengan metode latihan atau workshop dapat mempermudah mahasiswa mempelajari materi Tabel Kebenaran serta dengan pembelajaran multimedia yang interaktif dapat membantu dosen pengampu menyampaikan materi Tabel kebenaran. Penelitian ini dibangun dengan sistem perancangan yang terstruktur. Pertama-tama adalah mendifinisikan permasalahan dengan metode observasi, wawancara serta studi pustaka. Satuan Acara Pengajaran (SAP) agar tepat sasaran. Pada perancangan storyboard pada naskah dirancang alur cerita secara berurutan dan pada perancangan grafik dibuat dengan tujuan aplikasi yang dibangun lebih user friendly. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya maka dapat ditarik kesimpulan yakni telah dibuat aplikasi multimedia pembelajaran yang interaktif sebagai sarana belajar dan mengajar materi Tabel Kebenaran pada mata kuliah Logika Informatika dengan tujuan dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari Tabel Kebenaran. Serta telah dilakukan uji coba pada aplikasi multimedia pembelajaran Tabel Kebenaran yang menunjukan bahwa aplikasi yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik dan dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran.

Kata Kunci: Logika Informatika, Ideal Problem Solving, Android

Author Biography

Thoyyibah T., Universitas Pamulang

Teknik Informatika

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

T., T., Rachmatika, R., & Hutagalung, D. D. (2021). PERANCANGAN APLIKASI BAHAN AJAR LOGIKA INFORMATIKA MENGGUNAKAN MODEL IDEAL PROBLEM SOLVING BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS UNIVERSITAS PAMULANG). Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 16(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/21192

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.