PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE AGILE PADA MADRASAH IBTIDAHIYAH AR-RIDHO
Abstract
ABSTRAK
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE AGILE PADA MADRASAH IBTIDAHIYAH AR-RIDHO. Penelitian ini merancang sebuah sistem informasi monitoring pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridho yang berada di Petukangan Selatan., Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan. Sistem ini dibuat untuk mengatasi pengelolaan TPA yang masih manual, seperti pencatatan absensi dan hafalan siswa menggunakan buku catatan. Metode yang dilakukan masih manual sehingga berisiko terjadi kesalahan dan menyulitkan guru serta orang tua untuk memantau perkembangan siswa secara real-time.Sistem informasi berbasis website yang terintegrasi ini dikembangkan untuk mengotomatisasi pencatatan absensi dan perkembangan hafalan, serta menyediakan laporan yang akurat. Pendekatan metode Agile digunakan dalam pengembangan sistem karena fleksibilitas dan fokus pada kolaborasi. Tahapan metode ini mencakup dengan requirements, design, development, testing, deployment, dan review. Perancangan sistem yang digunakan adalah UML (Unified Modelling Language), termasuk use case, activity, sequence, dan class diagram. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, HTML, CSS, dan JavaScript, dengan MySQL sebagai database. Pengujian sistem dilakukan dengan Black Box Testing untuk memastikan semua fungsi berjalan dengan baik.Hasil pengembangan sistem ini memberikan banyak manfaat, yaitu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam perekapan data absensi dan hafalan. Selain itu, orang tua dapat memantau perkembangan belajar anak secara real-time dan terstruktur. Sistem ini juga berkontribusi dalam meningkatkan reputasi akademik universitas dan memberikan pengalaman praktis bagi penulis.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Monitoring, Taman Pendidikan Al-Quran, Metode Agile, Website.
ABSTRACT
DESIGN OF AN AL-QURAN EDUCATION PARK (TPA) MANAGEMENT MONITORING INFORMATION SYSTEM USING THE AGILE METHOD AT AR-RIDHO ELEMENTARY SCHOOL.This research emphasizes the formulation of an information system to oversee and coordinate activities at the Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) of Madrasah Ibtidaiyah Ar-Ridho, situated in Petukangan Selatan, Pesanggrahan District, South Jakarta. The system was devised to tackle the existing manual management process, where student attendance and memorization advancement are chronicled innotebooks. Such manual methodologies are susceptible to inaccuracies and hinder the ability of educators and guardians to monitor students’ progress in real time. The suggested resolution is a web-based, integrated information system that streamlines attendance documentation and memorization tracking while delivering precise and readily accessible reports. The system was crafted utilizing the Agile methodology, selected for its adaptability and focus on collaboration. The Agile phases implemented in this investigation encompass requirements gathering, design, development, testing, deployment, and review. UML (Unified Modeling Language) was employed for system design, encompassing use case, activity, sequence, and class diagrams. Development utilized PHP, HTML, CSS, and JavaScript, with MySQL as the database. System testing was conducted employing Black Box Testing to ensure all functionalities operated as intended. The resultant system markedly enhances the efficiency and precision of documenting attendance and memorization data. Furthermore, it enables parents to observe their children’s educational progress in real time and in a systematic manner. Beyond addressing operational challenges, this system contributes to elevating the academic standing of the university and provides invaluable practical experience for the author.
Keywords: Information System, Monitoring, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Agile Methodology, Website.