HAMBATAN-HAMBATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG DI SMP NEGERI 1 RUMPIN TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Authors

  • BADRUS SHOLEH Pamulang University
  • KHARISMA DANANG YUANGGA Pamulang University
  • ARIF FIRMANSYAH Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v3i2.3817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  deskripsi tentang  1) Persiapan calon mahasiswa praktikan PPL, 2) Hambatan-hambatan yang ditemui mahasiswa praktikan PPL di SMPN 1 Rumpin dan 3) Manfaat yang diperoleh selama dan setelah mengikuti PPL di SMPN 1 Rumpin. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rumpin. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber yang digunakan narasumber dan dokumen menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Persiapan calon mahasiswa praktikan PPL, , harus memenuhi persyaratan akademik maupun persyaratan administratif. Persyaratan akademik berupa mata kuliah prasyarat PPL harus lulus mata kuliah Perencanaan Pengajaran, Kemampuan Dasar Mengajar, Strategi Pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Pengembangan Kurikulum, dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Ekonomi serta Praktik Kemampuan Mengajar,  persyaratan administratif yakni registrasi mata kuliah PPL (Pemantapan Kemampuan Profesional), 2) Hambatan-hambatan yang ditemui mahasiswa praktikan PPL berupa adapatasi dengan lingkungan baru mahasiswa masih kurang percaya diri atau canggung, terkendala waktu, metode mengajar yang digunakan sebagian kurang mampu memotivasi dan kurang berpatisipasi  memecahkan masalah dan media pembelajaran yang digunakan. 3) Manfaat yang diperoleh selama dan setelah mengikuti PPL yakni ; a) Mendapatkan pengalaman baru, b) Memahami berbagai karakter siswa, masalah dihadapi dan pemecahannya, c) menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab, serta d) Memahami tata administrasi disekolah.

Kata Kunci: Hambatan, Praktik Pengalaman Lapangan

References

Astuti, dkk. 2013. Studi Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali Tahun 2012.(online) E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan.Vol. 4 Tahun 2013.

Sholeh, Badrus dkk. 2018. Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. Tangerang Selatan : Program Studi Pendidikan EKonomi Universitas Pamulang.

Mardiyanto, Sugeng. 2006. Praktik Pengalaman Terpadu dalam Meningkatkan Kualitas Calon Guru. (Online) Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari 2006 Th XXV No. 1.

Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005

Yahya, Muhammad. 2018. Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Disampaikan Pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar tanggal 14 Maret 2018.

Additional Files

Published

01-08-2018

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.