PENGARUH IKLAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RESIKO DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT NASABAH INTERNET BANKING BRI PADA NASABAH BRI UNIT MALABAR TANGERANG

Authors

  • Mahnun Mas’adi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v2i1.3411

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan internet banking BRI. Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya nasabah PT BRI Persero yang melakukan aktivitas perbankan di website resmi BRI. Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk menganalisis minat nasabah terhadap layanan Internet Banking BRI dengan menguji faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu iklan, kemudahan penggunaan, resiko dan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel 54 orang nasabah BRI Unit Malabar yang sudah pernah menggunakan Internet Banking BRI. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana pada program SPSS versi 18. Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian yang baik, dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah  variabel iklan dan variabel resiko secara siginifikan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunakan Internet Banking BRI. Namun variabel kemudahan penggunaan dan  variabel citra perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan Internet Banking BRI

References

Arikunto, Suharsimi, (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Downing, Douglas. (1993). Computer and Bussines Tasks, Bussiness Volume, Baron, terjemahan PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Indrianto, Nur dan Supomo, B, (2002), Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama, Cetakan kedua. Yogyakarta: BPFE UGM

Kasmir. Manajemen Perbankan Jakarta, Rajawali Press : 2000.

Kotler, P dan K.L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi II. Alih Bahasa:

Bob Sabran MM Penerbit Erlangga : Jakarta

Moh Nazir. 2005. Metode Penelitian. Edisi Ketujuh. Jakarta : Ghalia Indonesia

Masyhud, Ali (2006), Manajemen Resiko Strategi Perbankan Dan Dunia Usaha Menghadapi Tantangan Globalisasi Bisnis, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Nawawi, H, (2005), Perencanaan Sumber Daya Manusia untuk organisasi Profit yang kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nugroho, Bhuono A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian

dengan SPSS. Andi :Yogyakarta

Sugiyono, (2002), Statistika Unutk Penelitian. Cetakan Keempat. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono, (2010), Metode penelitian bisnis. Ctakan kedua belas. Bandung: CV. Alfabeta

Sudarmanto, Gunawan (2005). Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Edisi

Pertama. Graha Ilmu : Yogyakarta

Suparmoko. 1991. Metode Penelitian Praktek. BPFE : Yogyakarta

Suparmoko M. Metode Penelitian Praktis (untuk ilmu-ilmu sosial dan ekonomi), Edisi 4 BPFE : Yogyakarta 1999

Umar, Husein, (2002), Metode Peneltian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Umar, Husein, (2004), Metode Riset Ilmu Administrasi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakata

Yohanes Anton Nugroho. 2011. It’s easy olah data dengan SPSS Edisi Pertama.

Yogyakarta : Skripta Media Creative.

Downloads

Published

2018-11-01