PENGARUH IKLAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RESIKO DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT NASABAH INTERNET BANKING BRI PADA NASABAH BRI UNIT MALABAR TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v2i1.3411Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan internet banking BRI. Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya nasabah PT BRI Persero yang melakukan aktivitas perbankan di website resmi BRI. Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk menganalisis minat nasabah terhadap layanan Internet Banking BRI dengan menguji faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu iklan, kemudahan penggunaan, resiko dan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel 54 orang nasabah BRI Unit Malabar yang sudah pernah menggunakan Internet Banking BRI. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana pada program SPSS versi 18. Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian yang baik, dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah variabel iklan dan variabel resiko secara siginifikan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunakan Internet Banking BRI. Namun variabel kemudahan penggunaan dan variabel citra perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan Internet Banking BRI
References
Arikunto, Suharsimi, (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Downing, Douglas. (1993). Computer and Bussines Tasks, Bussiness Volume, Baron, terjemahan PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Indrianto, Nur dan Supomo, B, (2002), Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama, Cetakan kedua. Yogyakarta: BPFE UGM
Kasmir. Manajemen Perbankan Jakarta, Rajawali Press : 2000.
Kotler, P dan K.L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi II. Alih Bahasa:
Bob Sabran MM Penerbit Erlangga : Jakarta
Moh Nazir. 2005. Metode Penelitian. Edisi Ketujuh. Jakarta : Ghalia Indonesia
Masyhud, Ali (2006), Manajemen Resiko Strategi Perbankan Dan Dunia Usaha Menghadapi Tantangan Globalisasi Bisnis, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Nawawi, H, (2005), Perencanaan Sumber Daya Manusia untuk organisasi Profit yang kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Nugroho, Bhuono A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian
dengan SPSS. Andi :Yogyakarta
Sugiyono, (2002), Statistika Unutk Penelitian. Cetakan Keempat. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono, (2010), Metode penelitian bisnis. Ctakan kedua belas. Bandung: CV. Alfabeta
Sudarmanto, Gunawan (2005). Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Edisi
Pertama. Graha Ilmu : Yogyakarta
Suparmoko. 1991. Metode Penelitian Praktek. BPFE : Yogyakarta
Suparmoko M. Metode Penelitian Praktis (untuk ilmu-ilmu sosial dan ekonomi), Edisi 4 BPFE : Yogyakarta 1999
Umar, Husein, (2002), Metode Peneltian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Umar, Husein, (2004), Metode Riset Ilmu Administrasi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakata
Yohanes Anton Nugroho. 2011. It’s easy olah data dengan SPSS Edisi Pertama.
Yogyakarta : Skripta Media Creative.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.