PENGARUH PERUBAHAN LOGO (REBRANDING) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA PT BANK BRI TBk

Authors

  • Nuzul Inas Nabila Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v2i1.3418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan logo (rebranding) terhadap citra perusahaan yang dilakukan oleh PT Bank BRI Tbk. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Perubahan logo PT Bank BRI Tbk berpengaruh terhadap citra perusahaan. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil 100 responden nasabah Bank BRI . Alat analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana. Hasil analisis data diperoleh pengaruh perubahan logo terhadap citra merek sebesar r² = 0,342. Hal ini berarti sumbangan variabel x (perubahan logo) berperan dalam mempengaruhi setiap penambahan variabel y (citra perusahaan) sebesar 34,2%. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan logo PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberi pengaruh 34,2% terhadap citra perusahaan. Pengujian Hipotesis menunjukan bahwa thitung  lebih besar dari ttabel yaitu  7,136>1.984  artinya perubahan logo (rebranding) berpengaruh secara signifikan terhadap citra perusahaan pada PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk

References

Alshebil, Saleh Abdul Aziz. ( 2007). Consumer Perception of Rebranding: The Case of Logo Changes. Arlington: The Universityof Texas.

Arikunto, Suharsimi.(2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta Penerbit Rineka Cipta

Dowling, Grahame. 2001. Creating Corporate Reputation, Identify, Image, and Performance, New York:Oxford University Press

Groonroos, C. (2001).Service Management and Marketing , 2nd edition

Hadi ,Sulistio Bagus. (2011). Analisis Pengaruh Logo PT Telkom Indonesia Tbk

Hair J.F (2006). Multivariate Data Analysis. Edisi 5. Jakarta: Gramedia Pustaka. Utama.

Jefkins, Frank,.(1994), Public Relations Untuk Bisnis. Penerjemah : Frans Kowa, Pustaka Binaman Pressindo: Jakarta

Kartika. (2010). Pengaruh Sikap Penerima Program Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan (Corporate Image). Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Kotler, Philip.(2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Edisi Milenium.Prenhalido.

Kohli, Chiranjeev, Rajneesh Suri, and Mrugank Thakor (2002), "Creating Effective Logos: Insights from Theory and Practice," Business Horizons, 45 (3), 58-64.

Kotler, Philip.(2005). Dasar-dasar Pemasaran .Jilid 2, Jakarta.Indeks Media Gramedia.

Mazwahid.( 2012). Mengapa Harus Rebranding? http://kampus.marketing.co.id. Diakses tanggal 29 Oktober 2012.

Muzellec, Laurent; Lambkin, Mary. (2006). Corporate Rebranding: Destroying, Transferring or Creating Brand Equity. European Journal of Marketing. Vol 40. No 7. Page 803-824.

Nazir,Mohammad.(2003). Metodologi Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Pimentel, Ronald and Susan Heckler (2000), “Changes in Logo Designs: Chasing the Elusive Butterfly Curve,†Working Paper, 1-24

S.A, Surachman, (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek. Malang : Bayu Media Publishing

Sekaran, U.(2006). Research Method For Business : Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Buku 2. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat

Simamora, Bilson.(2006). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta PT Gramedia Pustaka utama.

Stuart, Helen; Muzellec, Laurent. (2004). Corporate Makeovers: Can a Hyena Rebrand? Journal of Brand Management. Vol 11. Vol 6. Page 472-483.

Sutojo, Siswanto. (2004). Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.

Walsh,M.F; Winterich, K.P.; Mittal, V.( 2010). Do Logo Redesigns Help or Hurt Your Brand? The Role of Brand Commitment. Journal of Product and Brand Management. Vol 19. No 2. Page 76-84.

Van der Lans, R. (2009). Cross National Logo Evaluation Analysis: An Individual sLevel Approaches. Marketing Science. Vol 28. No.5. Page 968-985.

Downloads

Published

2018-11-01