ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN KUALITAS DOSEN DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI (Studi Empiris pada Perguruan Tinggi Universitas Pamulang)

Authors

  • Udin Ahidin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v1i1.p%25p.1025

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN, KUALITAS DOSEN DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI (Studi Empiris pada Universitas Pamulang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kepemimpinan, Kualitas Dosen dan Sumber Belajar terhadap Keunggulan Bersaing secara parsial maupun secara simultan, studi empiris pada Universitas Pamulang.  Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pada dimensi waktu cross sectional yaitu Semester Gasal Tahun Akademik 2011-2012. Populasi penelitian mencakup mahasiswa, karyawan, dosen dan pimpinan Universitas Pamulang. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel bertingkat (stratified random sampling). dengan jumlah sampel 269 responden.  Hasil pengujian yang diperoleh  sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh  positif dan siginifikan antara Kepemimpinan terhadap Keunggulan Bersaing secara parsial studi empiris pada Perguruan Tinggi Universitas Pamulang. (2) Terdapat pengaruh positif dan siginifikan antara Kualitas Dosen terhadap Keunggulan Bersaing secara parsial studi empiris pada Perguruan Tinggi Universitas Pamulang. (3) Terdapat pengaruh positif dan siginifikan antara Sumber Belajar terhadap Keunggulan Bersaing secara parsial studi empiris pada Perguruan Tinggi Universitas Pamulang. (4) Terdapat pengaruh positif dan siginifikan secara simultan antara Kepemimpinan, Kualitas Dosen dan Sumber Belajar terhadap Keunggulan bersaing. Hasil penelitian ini disarankan bahwa kualitas dosen Universitas Pamulang terus ditingkatkan. Peranan kepemimpinan juga terus ditingkatkan dalam rangka menggerakan dan mengarahkan Civitas Akademika Universitas Pamulang ke arah visi dan misi universitas yang sudah ditetapkan. Sumber belajar terus dilengkapi dan disempurnakan sesuai dengan kebutuhan dan situasi serta kondisi yang selalu cepat berubah.

Kata kunci: Kepemimpinan, Kualitas Dosen, Sumber Belajar dan Keunggulan Bersaing.

Downloads

Published

2018-02-14

How to Cite

Ahidin, U. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN KUALITAS DOSEN DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI (Studi Empiris pada Perguruan Tinggi Universitas Pamulang). INOVASI, 1(1). https://doi.org/10.32493/Inovasi.v1i1.p%p.1025

Issue

Section

Articles