ANALISIS KINERJA BANK PERKREDITAN RAKYAT MELALUI METODE CAMEL DALAM KAITANNYA DENGAN UPAYA MEMBANGUN KESINAMBUNGAN USAHA DAN MENJAGA KEPERCAYAAN NASABAH (Sudi Kasus : PT. BPR Fajar Artha Makmur)

Authors

  • Rosita Wulandari Universitas Pamulang
  • Boedi Hasmanto Universitas Pamulang
  • Slamet Afandi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v1i1.p%25p.1027

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS KINERJA BANK PERKREDITAN RAKYAT MELALUI METODE CAMEL DALAM KAITANNYA DENGAN UPAYA MEMBANGUN KESINAMBUNGAN USAHA DAN MENJAGA KEPERCAYAAN NASABAH. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja perusahaan dengan menggunakan metode CAMEL. Metode CAMEL memiliki lima aspek, yaitu aspek permodalan menggunakan rasio CAR (Capital Adequacy Ratio), aspek kualitas aktiva produktif menggunakan rasio KAP (Kualitas Aktiva Produktif) dan PPAP (Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif), aspek manajemen menggunakan perhitungan manajemen umum dan manajemen risiko, aspek rentabilitas menggunakan rasio ROA (Return On Assets) dan BOPO (Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional), dan aspek likuiditas menggunakan rasio Cash Ratio dan LDR (Loan to Deposit Ratio). Metode penelitian ini bersifat kuantitatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini  dengan menggunakan metode CAMEL dan  berdasarkan Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia Nomor 30/12/KEP/DIR tanggal 30 April 1997 perihal Tata Cara Penilaian Tingkat Kesehatan BPR. Dari hasil analisis berdasarkan metode CAMEL untuk membangun kesinambungan dan kepercayaan nasabah dapat disimpulkan bahwa kinerja PT. BPR fajar Artha Makmur dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir yaitu tahun 2007, 2008, 2009, 2010, 2011 dan september 2012 tidak semuanya mendapat predikat SEHAT hanya tahun 2010,2011 dan september 2012 yang mendapat predikat SEHAT

Downloads

Published

2018-02-14

How to Cite

Wulandari, R., Hasmanto, B., & Afandi, S. (2018). ANALISIS KINERJA BANK PERKREDITAN RAKYAT MELALUI METODE CAMEL DALAM KAITANNYA DENGAN UPAYA MEMBANGUN KESINAMBUNGAN USAHA DAN MENJAGA KEPERCAYAAN NASABAH (Sudi Kasus : PT. BPR Fajar Artha Makmur). INOVASI, 1(1). https://doi.org/10.32493/Inovasi.v1i1.p%p.1027

Issue

Section

Articles