ANALISIS STRATEGI BERSAING PENJUALAN PRODUK PAKAIAN PEDAGANG-PEDAGANG DI PASAR PARUNG PANJANG BOGOR TERHADAP PEDAGANG DI PASAR LAIN

Authors

  • edi Sukarjono

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v3i2.p%25p.105

Abstract

Penelitian ini merupakan kegiatan untuk mengetahui kondisi kemampuan bersaing pedagang-pedagang pakaian di Pasar Parung Panjang Bogor yang berjumlah setidaknya 400 pedagang dengan pedagang di pasar lain saat ini dan strategi bersaing yang lebih tepat bagi pedagang-pedagang di Pasar Parung Panjang Bogor dengan pedagang di pasar lain. Saat ini, minat beli dan keputusan pembelian di pasar tersebut semakin berkurang. Tujuan penelitisan adalah untuk mengkaji dan menganalisis alternative-alternatif strategi yang lebih sesuai bagi obyek yang diteliti. Setelah didapatkan beberapa alternatef strategi yang relevan untuk meningkatkan kemampuan bersaing, mama dipilih dan direkomendasikan strategi yang paling baik dan paling berpeluang untuk meningkatkan kemampuan bersaing. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang menganalisis dan mengkaji kondisi kemampuan bersaing saat penelitian dan rekomendasi strategi yang sebaiknya dipilih dan diimplementasikan. Kajian dan analisis dilakukan melalui tahapan analisis matrik kondisi, matrik SWOT dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa kemapuan bersaing menurut hasil analisis dengan matrik kondisi berada pada kuadran merah dengan titik koordordinat (-1,25; -1) atau dalam kriteria bertahan. Rekomendasi strategi yang harus dilakukan berdasar hasil analisis dengan matriks SWOT yang di padu dengan matriks QSPM adalah strategi pembelian berkelompok.

Downloads

Published

2016-12-30

How to Cite

Sukarjono, edi. (2016). ANALISIS STRATEGI BERSAING PENJUALAN PRODUK PAKAIAN PEDAGANG-PEDAGANG DI PASAR PARUNG PANJANG BOGOR TERHADAP PEDAGANG DI PASAR LAIN. INOVASI, 3(2). https://doi.org/10.32493/Inovasi.v3i2.p%p.105

Issue

Section

Articles