ANALISIS STRATEGI BERSAING PENJUALAN PRODUK PAKAIAN PEDAGANG-PEDAGANG DI PASAR PARUNG PANJANG BOGOR TERHADAP PEDAGANG DI PASAR LAIN
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v3i2.p%25p.105Abstract
Penelitian ini merupakan kegiatan untuk mengetahui kondisi kemampuan bersaing pedagang-pedagang pakaian di Pasar Parung Panjang Bogor yang berjumlah setidaknya 400 pedagang dengan pedagang di pasar lain saat ini dan strategi bersaing yang lebih tepat bagi pedagang-pedagang di Pasar Parung Panjang Bogor dengan pedagang di pasar lain. Saat ini, minat beli dan keputusan pembelian di pasar tersebut semakin berkurang. Tujuan penelitisan adalah untuk mengkaji dan menganalisis alternative-alternatif strategi yang lebih sesuai bagi obyek yang diteliti. Setelah didapatkan beberapa alternatef strategi yang relevan untuk meningkatkan kemampuan bersaing, mama dipilih dan direkomendasikan strategi yang paling baik dan paling berpeluang untuk meningkatkan kemampuan bersaing. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang menganalisis dan mengkaji kondisi kemampuan bersaing saat penelitian dan rekomendasi strategi yang sebaiknya dipilih dan diimplementasikan. Kajian dan analisis dilakukan melalui tahapan analisis matrik kondisi, matrik SWOT dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa kemapuan bersaing menurut hasil analisis dengan matrik kondisi berada pada kuadran merah dengan titik koordordinat (-1,25; -1) atau dalam kriteria bertahan. Rekomendasi strategi yang harus dilakukan berdasar hasil analisis dengan matriks SWOT yang di padu dengan matriks QSPM adalah strategi pembelian berkelompok.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.