PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTIK SUNFARMA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Sunanto Sunanto

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v3i2.p%25p.106

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penetapan harga dan Kualitas layanan baik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi alam penelitian ini adalah pelanggan Apotik SunFarma dan jumlah sampel berdasarkan Slovin berjumlah 100, sampling dengan teknik aksidental. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data:Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinan, Uji Parsial (Uji t), dan Uji Simultan (Uji F).Hasil Penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Model regresi linier Y = - 28,582 + 0,927X1, nilai R=0,927 (korelasi positif sangat kuat), dan Nilai kontribusi adjusted R² sebesar 0,858 serta Nilai t hitung 24,515 (> t tabel), nilai sig. 0,000 (<0,05). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Model regresi linier sederhana Y = -16,376 + 0,950X2, dan Nilai R= 0,950 (korelasi positif sangat kuat), dan nilai kontribusi adjusted R² sebesar 0,902, nilai t hitung 30,204 (> t tabel), nilai sig. 0,000 (<0,05). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara penetapan harga dan Kualitas layanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Model regresi linier berganda Y = -22,073 + 0,302X1+ 0,668 X2, dan nilai korelasi ganda sebesar 0,956 (korelasi positif sangat kuat), serta nilai F hitung 516,005 (> F tabel) dan nilai sig. 0,000 (<0,05).

 

Kata Kunci: Penetapan Harga, Kualitas layanan, Kepuasan Pelanggan, Apotik SunFarma

Downloads

Published

2016-12-30

How to Cite

Sunanto, S. (2016). PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTIK SUNFARMA TANGERANG SELATAN. INOVASI, 3(2). https://doi.org/10.32493/Inovasi.v3i2.p%p.106

Issue

Section

Articles