MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN WAFER COKELAT MENGGUNAKAN METODA AHP PADA PERUSAHAAN PT, XYZ TANGERANG.

Authors

  • Sewaka Sewaka

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v3i2.p%25p.108

Abstract

Strategi pemasaran adalah suatu proses manajemen untuk menganalsiis kesempatan pasar untuk memilih posisi, program, pengendalian pemasaran yang menciptakan serta mendukung bisnis yang aktif untuk mencapai tujuan serta sasaran pemasaran. Kegiatan pemasaran tidak hanya untuk kepentingan jangka pendek saja, tetapi juga untuk jangka panjang. Penulis mencoba menganalisis strategi pemasaran menggunakan metoda Analytical Hierarchi Process (AHAP) untuk memilih alternatif strategi pemasaran. AHP merupakan sebuah teknik pengambilan keputusan multikriteria (kriteria banyak), di mana faktor kuantitatif dan faktor kualitatif dikombinasikan sehingga dapat dilakukan pengurutan prioritas, kedudukan, dan evaluasi alternatif-alternatif. Dari hasil analisis pada produk wafer cokelat di PT XYZ Tangerang dapat diperoleh bahwa strategi pemanfaatan sumber daya yang ada mempunyai skor paling tinggi yaitu 0,6661, kemudian strategi diferensiasi produk dengan skor 0,204  dan yang merupakan skor paling bawah yaitu strategi perluasan pangsa pasar dengan nilai 0,132. Sehingga strategi pemasaran yang paling baik dan dipilih adalah Strategi Pemasaran Pemanfaatan Sumber Daya Yang Ada.

 

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Wafer Cokelat, Metoda AHP.

Downloads

Published

2016-12-30

How to Cite

Sewaka, S. (2016). MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN WAFER COKELAT MENGGUNAKAN METODA AHP PADA PERUSAHAAN PT, XYZ TANGERANG. INOVASI, 3(2). https://doi.org/10.32493/Inovasi.v3i2.p%p.108

Issue

Section

Articles