MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN WAFER COKELAT MENGGUNAKAN METODA AHP PADA PERUSAHAAN PT, XYZ TANGERANG.
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v3i2.p%25p.108Abstract
Strategi pemasaran adalah suatu proses manajemen untuk menganalsiis kesempatan pasar untuk memilih posisi, program, pengendalian pemasaran yang menciptakan serta mendukung bisnis yang aktif untuk mencapai tujuan serta sasaran pemasaran. Kegiatan pemasaran tidak hanya untuk kepentingan jangka pendek saja, tetapi juga untuk jangka panjang. Penulis mencoba menganalisis strategi pemasaran menggunakan metoda Analytical Hierarchi Process (AHAP) untuk memilih alternatif strategi pemasaran. AHP merupakan sebuah teknik pengambilan keputusan multikriteria (kriteria banyak), di mana faktor kuantitatif dan faktor kualitatif dikombinasikan sehingga dapat dilakukan pengurutan prioritas, kedudukan, dan evaluasi alternatif-alternatif. Dari hasil analisis pada produk wafer cokelat di PT XYZ Tangerang dapat diperoleh bahwa strategi pemanfaatan sumber daya yang ada mempunyai skor paling tinggi yaitu 0,6661, kemudian strategi diferensiasi produk dengan skor 0,204 dan yang merupakan skor paling bawah yaitu strategi perluasan pangsa pasar dengan nilai 0,132. Sehingga strategi pemasaran yang paling baik dan dipilih adalah Strategi Pemasaran Pemanfaatan Sumber Daya Yang Ada.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Wafer Cokelat, Metoda AHP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.