PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI Studi Kausal pada PT SUCOFINDO (Persero)

Authors

  • Yayan Sudaryana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v5i2.p42-61.2093

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI, STUDI KAUSAL PADA PT. SUCOFINDO (Persero). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, gaya kepemimpinan, dan pengambilan keputusan terhadap komitmen organisasi pada PT. Sucofindo (Persero). Survei dilakukan dengan sampel yang dipilih secara acak dari 100 karyawan. Dengan semua variabel dimasukkan ke dalam matriks korelasi, data kemudian dianalisis dengan teknik jalur. Hasilnya menunjukkan bahwa. (1) budaya organisasi memiliki efek langsung pada pengambilan keputusan: (2) budaya organisasi memiliki efek langsung pada komitmen organisasi; (3) gaya kepemimpinan memiliki efek langsung pada pengambilan keputusan, (4) gaya kepemimpinan memiliki efek langsung pada komitmen organisasi; (5) pengambilan keputusan memiliki efek langsung pada komitmen organisasi; (6) budaya organisasi memiliki efek tidak langsung pada komitmen organisasi melalui pengambilan keputusan; dan (7) gaya kepemimpinan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap komitmen organisasi melalui pengambilan keputusan. Hasilnya menunjukkan bahwa budaya organisasi, gaya kepemimpinan, dan pengambilan keputusan adalah penentu penting komitmen organisasi.

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Pengambilan Keputusan,

                      Komitmen Organisasi

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Sudaryana, Y. (2018). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI Studi Kausal pada PT SUCOFINDO (Persero). INOVASI, 5(2), 42–61. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v5i2.p42-61.2093