Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) untuk Produk BPR Syariah Mitra Harmoni Yogyakarta

Authors

  • Bekti Widanta Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Intri Ayu Murti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Muinah Fadhilah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p156-162.29239

Keywords:

Pemasaran, Segmentasi, Pangsa Pasar, Daya Saing Perusahaan

Abstract

Menentukan strategi dalam melakukan pemasaran perlu dipelajari terlebih dahulu. Dalam dinamika lembaga perbankan, perbankan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan minat masyarakat terhadap suatu produk yang ada pada suatu lembaga perbankan, khususnya lembaga perbankan yang berbasis syariah (syariah). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran STP (segmenting, targeting, positioning) produk dan layanan BPR Syariah Mitra Harmoni Yogyakarta agar dapat terus eksis di tengah masyarakat luas secara syariah. Hasil penelitian ini menghasilkan informasi terkait strategi yang diterapkan BPR Syariah Mitra Harmoni Yogyakarta dalam hal segmentasi yang dilakukan dengan segmentasi geografis dan demografis. Dari segi target, segmen pasar yang dipilih menjadi target pasar antara lain UMKM, Usaha Mikro dan Makro, Pegawai Negeri Sipil, karyawan swasta. Terakhir, dari sisi positioning kita melihat dua aspek yaitu brand dan atribut produk.

References

Farida, N. and Selviana, I. (2019) ‘Pengaruh Strategi Segmentation, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Handphone (Studi Kasus Rizqy Mobile & Comp Gresik)’, Gema Ekonomi, 8(2), pp. 136–147.

Fitria Rismawati, F., Wahyuni, S. and Widodo, J. (2019) ‘Strategi Pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember’, JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), p. 68. doi: 10.19184/jpe.v13i2.10793.

Giusman, R. and Nurwahyuni, A. (2021) ‘Evaluasi Pelayanan Rawat Jalan RS X pada Masa Pandemi Covid-19 melalui Segmenting, Targeting dan Positioning’, Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 7(1), p. 72. doi: 10.29241/jmk.v7i1.599.

Kalam, K. K. (2020) ‘Market Segmentation , Targeting and Positioning Strategy Adaptation for the Global Business of Vodafone Telecommunication Company’, International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), 4(6).

Khoiri Abdi, M. and Febriyanti, N. (2020) ‘Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19’, El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 10(2), pp. 160–178. doi: 10.15642/elqist.2020.10.2.160-178.

Manggu, B. and Beni, S. (2021) ‘Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang’, Sebatik, 25(1), pp. 27–34. doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1146.

Mujahidin, A. and Khoirianingrum, I. (2019) ‘Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro’, in Prosiding Seminar Nasional Unimus, pp. 284–294.

Musa, M. I. et al. (2020) ‘Analysis of segmentation, targeting, and positioning in the hospitality sector: The case of Paputo Beach Cafe’, African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8(4), pp. 1–20.

Nurlena, N., Musadad, M. and Ratna, R. (2018) ‘Implementasi Strategi Stp (Segmentation, Targeting & Positioning) Di Desa Wisata Rumah Dome, Sleman, Yogyakarta’, National Conference of Creative Industry, (September), pp. 5–6. doi: 10.30813/ncci.v0i0.1250.

Pomantow, G. V., Mananeke, L. and Jorie, R. J. (2019) ‘Pembelian Produk Maxx Coffee Di Hotel Aryaduta Manado Analysis of Segmenting , Targeting , and Positioning To Buying Decision of Maxx Coffee ’ S Products in Aryaduta Hotel Manado’, Econimics and Business, 7(4), pp. 3129–3138.

Putu, N. and Wahyuni, S. (2019) ‘Analisis Produk Layanan Rawat Inap di RSUD Wangaya Denpasar Berdasarkan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan 4 P (Product, Price, Place, Promotion)’, Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(1), pp. 21–24. doi: 10.7454/arsi.v6i1.3666.

Rosyida, A. et al. (2020) ‘Strategy Segmenting, Targeting, dan Positioning: Study on PT Sidomuncul’, Journal of Islamic Economic Scholar, 1(2), pp. 99–124. Available at: http://ejournal.uin-suka.ac.id/febi/games.

Rudiana, D., Hastuti, D. and Komarlina, L. (2018) ‘Market Segmentation , Targeting Strategy And Positioning Strategy Performance Effects To The Tourists Satisfaction ( Research In Pangandaran Beach Pangandaran District )’, INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 7(9).

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Widanta, B., Murti, I. A., & Fadhilah, M. (2023). Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) untuk Produk BPR Syariah Mitra Harmoni Yogyakarta. INOVASI, 10(1), 156–162. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p156-162.29239