Pengaruh Price Discount, In-Store Display dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying pada Konsumen Indomaret (Studi Pada Mahasiswa FISIP UPN Veteran Jawa Timur)
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p98-104.29438Keywords:
Diskon Harga, Tampilan Toko, Suasana Toko, Pembelian ImpulsifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh potongan harga, in-store display dan store atmosphere terhadap pembelian impulsif di kalangan konsumen Indomaret. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP UPN Veteran Jawa Timur yang pernah berkunjung dan melakukan transaksi atau pembelian di gerai Indomaret. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 100 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan hasil pengujian menunjukkan bahwa semua instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji f dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel price discount, in-store display dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying konsumen Indomaret. Secara parsial Diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif di kalangan konsumen Indomaret. Secara parsial, In-Store Display berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Indomaret. Secara parsial Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Indomaret
References
Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Chaniago, Harmon. 2021. Manajemen Ritel & Implementasinya. Bandung: Edukasi Riset Digital., PT
Ghozali, Imam. 2017. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indomaret.co.id, 2022. Gerai Indomaret. Diakses tanggal 13 September 2022. https://indomaret.co.id/home/index/gerai-indomaret
Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Mahmudah, Ainun Rizqiyatul. 2020. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Discount Terhadap Impulse Buying Pada Mahasiswa Pengunjung Rita Pasaraya Wonosobo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNSIQ). Journal of Economic, Business and Engineering. Vol 1 No 2. Hal 290-299.
Mowen, John & Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen, jilid 1 edisi kelima. Jakarta: Erlangga.
Pabrikrakindo.com. 2020. Beralih dari Warung ke Gerai Modern untuk Menaikkan Omset!. Diakses tanggal 16 Oktober 2022. https://www.pabrikrakindo.com/dari-warung-ke-gerai-modern/
Peter, J. Paul & Jerry C. Olson. 1999. Consumer Behavior, Perilakukonsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid kedua, Edisi Keempat.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Stern, Hawkins. 1962. The Significance of Impulse Buying Today. Jurnal Pemasaran. Vol 26 No 2. Hal 59-62.
Tanjung, Agustini. 2020. Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa. Vol 5 No 3. Hal 1-18.
Tinne, Shahan Wahida. 2010. Impulse Purchasing: A Literature Overview. ASA University Review. Vol 4 No 2. Hal 65-73.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Wilujeng, Sri. 2017. Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret Di Kecamatan Sukun Kota Malang. Seminar Nasional & Call For Paper, FEB Unikama. Hal 457-469
Yahmini, Exnasiyah. 2019. Kecenderungan Impulse Buying Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol 2 No 1. Hal 41-56.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.