Pengaruh Promotion dan Brand Positioning terhadap Keputusan Pembelian Green Product

Authors

  • Niken Rahmadyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fauzi Arif Lubis
  • Budi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p34-47.30395

Keywords:

Promosi, Pemosisian Merek, Keputusan Pembelian, Produk Ramah Lingkungan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Brand Positioning terhadap Keputusan Pembelian Lampu LED Philips Green Product. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( Field Research) dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna yang pernah menggunakan dan merasakan manfaat dari Produk Lampu LED Tenaga Surya Philips. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Koefisien Determinasi (R2), serta pengujian hipotesis yaitu uji t dan uji F diolah dengan menggunakan program SPSS ver 25. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dari hasil uji F yang telah diperoleh, digunakan untuk menunjukkan pengaruh simultan variabel independen terhadap variabel dependen. Terlihat nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai F sebesar 23,554. Kemudian Promosi dan Brand Positioning memiliki pengaruh simultan dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

References

Allamsyah, N. U. Nuha, K. M. Zachary, & W. N. Wijaya. (2017). Pengaruh Implementasi Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Di Gendhis Bag). Semin. Nas. IENACO, pp. 399–405.

Batubara & P. R. Silalahi. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara. Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 4, no. 5.

Simamora, H. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sari, R. M. and Prihartono. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. J. Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)., vol. 5, No. 3.

Banurea, S. A. and S. Aisyah. (2022). Pengaruh Loasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Kantin UIN Sumatera Utara), J. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Sos., vol. 2, no. 4.

Kertajaya, H. (2007). Positioning, Differensiasi, dan Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Heriyadi, H. (2018). Strategi Positioning dalam Persaingan Bisnis (Points Of Difference Dan Points Of Parity). Asian Journal Of Innovation and Enterpreunership,. vol. 03, Issue. 03.

Fachri M. and I. Syari. (2018). Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED,†J. Interak., vol. 2, no. 1.

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardana, I. T. and M. Arif. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada Kedai Kopi Batang Kopi Kecamatan Batang Serangan. J. Ekon. Dan Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 105–113.

Tjiptono, F. G. Chandra, and D. Adriana. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Kotler P. and G. Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Shaputra, R. K. (2013). Penerapan Green Marketing pada Bisnis Produk Kosmetik. J. JIBEKA, vol. 7, no. 3, pp. 47–53.

Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Khoiriyah S. and M. J. Toro. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesediaan Membeli Produk Hijau. J. Bisnis dan Manaj., vol. 14, pp. 63–76.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 Upd. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Maharani P, R. Andari, and T. Andrianto. (2014). Pengaruh Brand Positioning Wonderful Indonesia terhadap Keputusn Pembelian Wisatawan Mancanegara Untuk Berkunjung Ke Indonesia. THE Journal, vol. IV no.1, 741.

Kuswanto, H. (2021). Faktor Keputusan Pembelian Konsumen Berdsarkan Citra Merek, Persepsi Waktu, dan Layanan Purna Jual Di Trading Company PTA. J. Manaj Pendidikan dan Ilmu Sosial., vol. 2 issue 2.

Syahputra R. R. and H. Herman. (2020). Pengaruh Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap di Os Hotel Batam,†J. Ilmiah Kohesi vol. 4 no. 3.

Wadodo, S. (2020). Pengaruh Green Product dan Green Marketing Terhadap

Keputusan Pembelian Produk Elektronik Merk Sharp

Di Electonic City Cipinang Indah Mall Jakarta Timur†J. Ilmiah M-Progress vol.10 no. 1.

Dharma, B. M. Auliyani and N. N Aufa Manik. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Kota Medan). J. Penelitian Ekon. Dan Bisnis (JEKOMBOS) vol.1 no.4.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Rahmadyah, N., Lubis, F. A., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Promotion dan Brand Positioning terhadap Keputusan Pembelian Green Product. INOVASI, 10(1), 34–47. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p34-47.30395