Pengaruh Promotion dan Brand Positioning terhadap Keputusan Pembelian Green Product
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p34-47.30395Keywords:
Promosi, Pemosisian Merek, Keputusan Pembelian, Produk Ramah LingkunganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Brand Positioning terhadap Keputusan Pembelian Lampu LED Philips Green Product. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( Field Research) dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna yang pernah menggunakan dan merasakan manfaat dari Produk Lampu LED Tenaga Surya Philips. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Koefisien Determinasi (R2), serta pengujian hipotesis yaitu uji t dan uji F diolah dengan menggunakan program SPSS ver 25. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dari hasil uji F yang telah diperoleh, digunakan untuk menunjukkan pengaruh simultan variabel independen terhadap variabel dependen. Terlihat nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai F sebesar 23,554. Kemudian Promosi dan Brand Positioning memiliki pengaruh simultan dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
References
Allamsyah, N. U. Nuha, K. M. Zachary, & W. N. Wijaya. (2017). Pengaruh Implementasi Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Di Gendhis Bag). Semin. Nas. IENACO, pp. 399–405.
Batubara & P. R. Silalahi. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara. Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 4, no. 5.
Simamora, H. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sari, R. M. and Prihartono. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. J. Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)., vol. 5, No. 3.
Banurea, S. A. and S. Aisyah. (2022). Pengaruh Loasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Kantin UIN Sumatera Utara), J. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Sos., vol. 2, no. 4.
Kertajaya, H. (2007). Positioning, Differensiasi, dan Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Heriyadi, H. (2018). Strategi Positioning dalam Persaingan Bisnis (Points Of Difference Dan Points Of Parity). Asian Journal Of Innovation and Enterpreunership,. vol. 03, Issue. 03.
Fachri M. and I. Syari. (2018). Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED,†J. Interak., vol. 2, no. 1.
Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Wardana, I. T. and M. Arif. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada Kedai Kopi Batang Kopi Kecamatan Batang Serangan. J. Ekon. Dan Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 105–113.
Tjiptono, F. G. Chandra, and D. Adriana. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Kotler P. and G. Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Shaputra, R. K. (2013). Penerapan Green Marketing pada Bisnis Produk Kosmetik. J. JIBEKA, vol. 7, no. 3, pp. 47–53.
Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.
Khoiriyah S. and M. J. Toro. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesediaan Membeli Produk Hijau. J. Bisnis dan Manaj., vol. 14, pp. 63–76.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 Upd. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Maharani P, R. Andari, and T. Andrianto. (2014). Pengaruh Brand Positioning Wonderful Indonesia terhadap Keputusn Pembelian Wisatawan Mancanegara Untuk Berkunjung Ke Indonesia. THE Journal, vol. IV no.1, 741.
Kuswanto, H. (2021). Faktor Keputusan Pembelian Konsumen Berdsarkan Citra Merek, Persepsi Waktu, dan Layanan Purna Jual Di Trading Company PTA. J. Manaj Pendidikan dan Ilmu Sosial., vol. 2 issue 2.
Syahputra R. R. and H. Herman. (2020). Pengaruh Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap di Os Hotel Batam,†J. Ilmiah Kohesi vol. 4 no. 3.
Wadodo, S. (2020). Pengaruh Green Product dan Green Marketing Terhadap
Keputusan Pembelian Produk Elektronik Merk Sharp
Di Electonic City Cipinang Indah Mall Jakarta Timur†J. Ilmiah M-Progress vol.10 no. 1.
Dharma, B. M. Auliyani and N. N Aufa Manik. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Kota Medan). J. Penelitian Ekon. Dan Bisnis (JEKOMBOS) vol.1 no.4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.