Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformatif dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Mutu Pendidikan dan Kinerja Guru di SMP Negeri se-Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu

Authors

  • Syarifuddin Syarifuddin Universitas Terbuka
  • I Nyoman Nugraha Ardana Putra
  • Heriani Heriani

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p48-57.30396

Keywords:

Gaya Kepemimpinan Transformatif, Pemanfaatan Sumber Belajar, Mutu Pendidikan, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Dengan judul Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformatif dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Mutu Pendidikan dan Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Pajo-Dompu. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan transformatif dan pemanfaatan sumber belajar terhadap mutu pendidikan dan kinerja guru di SMP Negeri di Kecamatan Pajo-Dompu. Secara simultan terhadap kualitas pendidikan, hal ini terlihat dari hasil analisis data yang dilakukan, dimana nilai signifikan pengaruh Y1 terhadap X1 adalah 0,004 < 0,05 dan nilai t hitung 3,040 > t tabel 0,680. Pada penelitian ini gaya kepemimpinan transformatif berpengaruh kecil terhadap kinerja guru, dengan nilai probabilitas 0,066 > 0,05 dan t hitung 1,892 > t tabel 0,680. Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap mutu pendidikan, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t sebesar 4,918. Sedangkan penggunaan sumber belajar secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru, hal ini terlihat dari hasil analisis data yang dilakukan, dimana diketahui nilai sig. untuk pengaruh Y2 terhadap X2 adalah sebesar 0,008 > 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,771 > t tabel 0,680 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Y2 terhadap X2.

References

Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan

Carudin, C., & Agus, K. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia. https://ejournal.papanda.org/index.php/jipi/article/view/118

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. books.google.com.

Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=DyQ3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=(gaya+OR+kepemimpinan+OR+transformatif+OR+kepala+OR+sekolah)&ots=vr396Bwl9f&sig=4chVs-XPDtn_boz99J2--50vWzQ

Esa, E., Nyompa, S., & Hadasiah, H. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 3 Pendopo Kab. Empat Lawang Sumatera …. JURNAL PEMIKIRAN DAN …. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/419

Fernandes, A. A. R. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem: Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian. books.google.com.

Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168.

Harahap, N., & Lubis, S. D. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. repository.uinsu.ac.id.

Hasibuan, S. M. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. http://journal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/2243

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). books.google.com.

https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314

Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul

Kustanto, H., Muazza, M., & Haryanto, E. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. EDUKATIF: JURNAL ILMU …. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1742

Mahmudah, S. I., Afifulloh, M., & ... (2019). Pemanfaatan Sumber Belajar Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Tema 6 (Panas Dan Perpindahanya) Subtema 2 …. JPMI: Jurnal Pendidikan …. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/3131

Mu’arifah, E. L. (2020). Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Pendidikan Islam di MA Plus Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak. repository.iainkudus.ac.id. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3867

Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1774

Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. JURNAL PENELITIAN …. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/473

Neliwati, N. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif (Kajian Teori dan Praktek). repository.uinsu.ac.id.

Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. books.google.com.

NURRAHMAN, N. (2020). … Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.———. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif …. repository.radenfatah.ac.id.

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. … : Indonesian Journal of …. https://scholar.archive.org/work/vxxb5igp7jdltndpmsyqm2elpe/access/wayback/http://jurnal.permapendis.org/index.php/managere/article/download/41/pdf

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan …. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/557

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Syarifuddin, S., Putra, I. N. N. A., & Heriani, H. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformatif dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Mutu Pendidikan dan Kinerja Guru di SMP Negeri se-Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu. INOVASI, 10(1), 48–57. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p48-57.30396