Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformatif dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Mutu Pendidikan dan Kinerja Guru di SMP Negeri se-Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p48-57.30396Keywords:
Gaya Kepemimpinan Transformatif, Pemanfaatan Sumber Belajar, Mutu Pendidikan, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Dengan judul Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformatif dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Mutu Pendidikan dan Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Pajo-Dompu. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan transformatif dan pemanfaatan sumber belajar terhadap mutu pendidikan dan kinerja guru di SMP Negeri di Kecamatan Pajo-Dompu. Secara simultan terhadap kualitas pendidikan, hal ini terlihat dari hasil analisis data yang dilakukan, dimana nilai signifikan pengaruh Y1 terhadap X1 adalah 0,004 < 0,05 dan nilai t hitung 3,040 > t tabel 0,680. Pada penelitian ini gaya kepemimpinan transformatif berpengaruh kecil terhadap kinerja guru, dengan nilai probabilitas 0,066 > 0,05 dan t hitung 1,892 > t tabel 0,680. Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap mutu pendidikan, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t sebesar 4,918. Sedangkan penggunaan sumber belajar secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru, hal ini terlihat dari hasil analisis data yang dilakukan, dimana diketahui nilai sig. untuk pengaruh Y2 terhadap X2 adalah sebesar 0,008 > 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,771 > t tabel 0,680 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Y2 terhadap X2.
References
Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan
Carudin, C., & Agus, K. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia. https://ejournal.papanda.org/index.php/jipi/article/view/118
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. books.google.com.
Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=DyQ3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=(gaya+OR+kepemimpinan+OR+transformatif+OR+kepala+OR+sekolah)&ots=vr396Bwl9f&sig=4chVs-XPDtn_boz99J2--50vWzQ
Esa, E., Nyompa, S., & Hadasiah, H. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 3 Pendopo Kab. Empat Lawang Sumatera …. JURNAL PEMIKIRAN DAN …. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/419
Fernandes, A. A. R. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem: Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian. books.google.com.
Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168.
Harahap, N., & Lubis, S. D. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. repository.uinsu.ac.id.
Hasibuan, S. M. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. http://journal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/2243
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). books.google.com.
https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314
Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul
Kustanto, H., Muazza, M., & Haryanto, E. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. EDUKATIF: JURNAL ILMU …. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1742
Mahmudah, S. I., Afifulloh, M., & ... (2019). Pemanfaatan Sumber Belajar Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Tema 6 (Panas Dan Perpindahanya) Subtema 2 …. JPMI: Jurnal Pendidikan …. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/3131
Mu’arifah, E. L. (2020). Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Pendidikan Islam di MA Plus Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak. repository.iainkudus.ac.id. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3867
Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1774
Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. JURNAL PENELITIAN …. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/473
Neliwati, N. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif (Kajian Teori dan Praktek). repository.uinsu.ac.id.
Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. books.google.com.
NURRAHMAN, N. (2020). … Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.———. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif …. repository.radenfatah.ac.id.
Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. … : Indonesian Journal of …. https://scholar.archive.org/work/vxxb5igp7jdltndpmsyqm2elpe/access/wayback/http://jurnal.permapendis.org/index.php/managere/article/download/41/pdf
Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan …. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/557
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.