Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Inovasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Jainuddin Jainuddin Universitas Terbuka
  • I Nyoman Nugraha Ardana Putra
  • Heriani Heriani

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p145-155.30408

Keywords:

Budaya Organisasi, Motivasi, Inovasi, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, motivasi dan inovasi guru terhadap kinerja guru di SMK Negeri 3 Kota Bima dengan jumlah sampel 53 siswa SMK Negeri 3 Kota Bima. Instrumen penelitian adalah quetiomamire skala likert, dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah budaya organisasi, motivasi dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 3 Kota Bima. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja guru perlu dilakukan perbaikan budaya organisasi, serta peningkatan motivasi kerja dan inovasi dalam menjalankan tugas sebagai guru.

References

Abidin. (2014). Pengaruh Kepuasan, Motivasi dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai [Program Pasca Sarjana Universitas Dian Nuswantoro Semarang]. (Diakses di Kota Bima tanggal 6 April 2021)

Agussalim, Widjaja, S. U. M., Haryono, A., & Wahyono, H. (2021). Pancasila Economic Character Literacy Program for High School Students. International Journal of Instruction, 14(1), 235–252. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14114a

Agussalim. (2022). Pengaruh Kesejahteraan Ekonomi, Pelatihan Dan Motivasi Berperestasi Terhadap Kompetensi Guru Ekonomi. Jurnal PenKoMi:Kajian Pendidikan & Ekonomi, 5(1), 36–50.

Alam. (2020). The Influence Of Teachers’ Innovative Attitudes And Discipline On Teachers Pedagogical Competence In Sd Inpres Tala-Tala Cluster Bissappu District, Bantaeng Regency.

Aminatul, Z. (2014). Total Quality Management; Teori & Praktek Manajemen Dalam Mendongkrak Mutu Pendidikan. AR-RUZZ MEDIA.

Apuke, O. D. (2017). Quantitative Research Methods : A Synopsis Approach. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 6(11), 40–47. https://doi.org/10.12816/0040336

Cahyana, E. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Muhammadiyah 5 Purwantoro Kabupaten Wonogiri.

Duhima, Z. dan. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Intelektual Dinamis Dan Progres Palembang, 4(2).

Dyer, J., Gregersen, H., Christensen, C. M. (2011). The Innovator’s DNA. Mastering the Five Skills of Disruptive Innovators. Harvard Business Review Press.

Erawati, & Aswandi, S. (2020). Pengaruh Keinovasian Dan Karakteristik Guru Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri Se-Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(2). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/39556

Fadhli, M. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Visipena Journal, 4(2), 130–145. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.218

Hadiyanto. (2020). Pengaruh remunerasi, motivasi pegawai, dan kinerja pegawai terhadap kinerja organisasi. Jurnal Pengawasan, 2(1), 52–60. http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/puslitbangwas/files/Remunerasi dll pada Kinerja Organisasi.pdf

Haque, M. F. (2014). Motivational Theories – A Critical Analysis Motivational Theories – A Critical Analysis. August 2016.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP : Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157. http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p152

Isa, M. F. (2016). The Influence of Organizational Culture on Employees’ Performance: Evidence from Oman. Journal of Entrepreneurship and Business, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.17687/jeb.0402.01

Ivancevich. (2012). Perilaku dan Manajemen Organisasi (Jilid 2) (2nd ed.). Erlangga.

Junaidi, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Uptd Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. 1–13. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzq75

Kasim, D., Rantetampang, A. L., & Lumbantobing, H. (2016). Relationships of Work Discipline, Leadership, Training, and Motivation to Performance of Employees Administration Abepura Hospital Papua 2015. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 26(1), 154–164. https://doi.org/(Diakses di Kota Bima tanggal 2 April 2021)

Mangkunegara. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Refika Aditama.

Matondang, Z. (2012). Pengaruh Efektivitas Pengawasan dan Sikap Inovasi dengan Kinerja Guru SMP Sub Rayon 2 Kota Medan. Jurnal Unimed, Tabularasa PPS, 9(1). https://text-id.123dok.com/document/y96nv0jy-hubungan-efektifitas-pengawasan-dan-sikap-inovasi-dengan-kinerja-guru-smp-sub-rayon-2-kota-medan.html

Mulyana. (2012). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Reamaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Karya Putra.

Mulyasa. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional (2nd ed.). Rosda.

Munandar, M., Wibowo, F. C., & Rosita, T. (2019). Effect of welfare and teaching motivation on professional competence of elementary teachers using participatory action research (Par) methods. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(11), 1975–1978.

Musfah. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru; Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar, Teori dan Praktik. Kencana Prenada Group.

Noor, T. (2017). Pengaruh Mutasi, Promosi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(2), 279–288. https://doi.org/10.35972/jieb.v3i2.105

Purba, E. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pdam Tirta Bina Labuhanbatu Elvitrianim Purba 1 Dosen AMIK Stiekom Sumatera Utara. Jurnal Stindo Profesional, 6(January 2016).

Purba, S. C., Lie, D., Efendi, E., & Wijaya, A. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru Pada Smk Gkps 2 Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 4(2), 92–102. https://doi.org/10.37403/maker.v4i2.102

Raharjo, S. B., & Yuliana, L. (2016). Manajemen Sekolah Untuk Mencapai Sekolah Unggul Yang Menyenangkan: Studi Kasus Di Sman 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 203. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i2.769

Rahmaniah. (2021). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru Dan Pengembangan Karir Guru Agar Tercapai Pembelajaran Yang Berkualitas. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2)(May), 1–7.

Riyadi, S. (2011). Pengaruh Kompensasi Finansial, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1). https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.40-45

Rizkiyani, D., & Saragih, S. (2012). Stress Kerja Dan Motivasi Kerja Pada Petugas Lembaga Permasyarakatan. Jurnal Manajemen Maranatha, 12(1), 113032. https://doi.org/10.28932/jmm.v12i1.172

Robbins & Judge. (2011). Perilaku Organisasi (2nd ed.). Salemba Empat.

Robbins & Mary. (2013). Manajemen (Kesepuluh). Erlangga.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download

Sagala. (2008). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat: Stategi Memenangkan Persaingan Mutu. Nimas Multima.

Sekarini, T. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap KepuasanKerja Pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis Thesa Sekarini Abstrak. Ekonomi, 331–339.

Setiawan, D., Saputra, H. D., Muslim, M., & Chandra, R. (2020). Penilaian Kinerja Guru Produktif Dalam Melaksanakan Standar Kompetensi Guru. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 114–122. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.361

Setiawan. (2014). Peran Kreativitas: Inovasi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat (2nd ed.). Pustaka Populer Obor.

Suaeb, Agussalim, A., Syarif, S., & Iqbal, M. (2021). Manajemen Kepemimpinan Pendidikan: Analisis Untuk Mewujudkan Keunggulan Kompetitif. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 477–484. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2296

Sudarnice, S. (2020). Increasing Innovative Performance through Organization Culture, Work Satisfaction and Organization Commitments. Integrated Journal of Business and Economics, 4(1), 88. https://doi.org/10.33019/ijbe.v4i1.251

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Jainuddin, J., Putra, I. N. N. A., & Heriani, H. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Inovasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. INOVASI, 10(1), 145–155. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p145-155.30408