Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Inovasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p145-155.30408Keywords:
Budaya Organisasi, Motivasi, Inovasi, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, motivasi dan inovasi guru terhadap kinerja guru di SMK Negeri 3 Kota Bima dengan jumlah sampel 53 siswa SMK Negeri 3 Kota Bima. Instrumen penelitian adalah quetiomamire skala likert, dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah budaya organisasi, motivasi dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK Negeri 3 Kota Bima. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja guru perlu dilakukan perbaikan budaya organisasi, serta peningkatan motivasi kerja dan inovasi dalam menjalankan tugas sebagai guru.
References
Abidin. (2014). Pengaruh Kepuasan, Motivasi dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai [Program Pasca Sarjana Universitas Dian Nuswantoro Semarang]. (Diakses di Kota Bima tanggal 6 April 2021)
Agussalim, Widjaja, S. U. M., Haryono, A., & Wahyono, H. (2021). Pancasila Economic Character Literacy Program for High School Students. International Journal of Instruction, 14(1), 235–252. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14114a
Agussalim. (2022). Pengaruh Kesejahteraan Ekonomi, Pelatihan Dan Motivasi Berperestasi Terhadap Kompetensi Guru Ekonomi. Jurnal PenKoMi:Kajian Pendidikan & Ekonomi, 5(1), 36–50.
Alam. (2020). The Influence Of Teachers’ Innovative Attitudes And Discipline On Teachers Pedagogical Competence In Sd Inpres Tala-Tala Cluster Bissappu District, Bantaeng Regency.
Aminatul, Z. (2014). Total Quality Management; Teori & Praktek Manajemen Dalam Mendongkrak Mutu Pendidikan. AR-RUZZ MEDIA.
Apuke, O. D. (2017). Quantitative Research Methods : A Synopsis Approach. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 6(11), 40–47. https://doi.org/10.12816/0040336
Cahyana, E. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Muhammadiyah 5 Purwantoro Kabupaten Wonogiri.
Duhima, Z. dan. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Intelektual Dinamis Dan Progres Palembang, 4(2).
Dyer, J., Gregersen, H., Christensen, C. M. (2011). The Innovator’s DNA. Mastering the Five Skills of Disruptive Innovators. Harvard Business Review Press.
Erawati, & Aswandi, S. (2020). Pengaruh Keinovasian Dan Karakteristik Guru Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri Se-Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(2). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/39556
Fadhli, M. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Visipena Journal, 4(2), 130–145. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.218
Hadiyanto. (2020). Pengaruh remunerasi, motivasi pegawai, dan kinerja pegawai terhadap kinerja organisasi. Jurnal Pengawasan, 2(1), 52–60. http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/puslitbangwas/files/Remunerasi dll pada Kinerja Organisasi.pdf
Haque, M. F. (2014). Motivational Theories – A Critical Analysis Motivational Theories – A Critical Analysis. August 2016.
Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP : Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157. http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p152
Isa, M. F. (2016). The Influence of Organizational Culture on Employees’ Performance: Evidence from Oman. Journal of Entrepreneurship and Business, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.17687/jeb.0402.01
Ivancevich. (2012). Perilaku dan Manajemen Organisasi (Jilid 2) (2nd ed.). Erlangga.
Junaidi, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Uptd Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. 1–13. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzq75
Kasim, D., Rantetampang, A. L., & Lumbantobing, H. (2016). Relationships of Work Discipline, Leadership, Training, and Motivation to Performance of Employees Administration Abepura Hospital Papua 2015. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 26(1), 154–164. https://doi.org/(Diakses di Kota Bima tanggal 2 April 2021)
Mangkunegara. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Refika Aditama.
Matondang, Z. (2012). Pengaruh Efektivitas Pengawasan dan Sikap Inovasi dengan Kinerja Guru SMP Sub Rayon 2 Kota Medan. Jurnal Unimed, Tabularasa PPS, 9(1). https://text-id.123dok.com/document/y96nv0jy-hubungan-efektifitas-pengawasan-dan-sikap-inovasi-dengan-kinerja-guru-smp-sub-rayon-2-kota-medan.html
Mulyana. (2012). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Reamaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Karya Putra.
Mulyasa. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional (2nd ed.). Rosda.
Munandar, M., Wibowo, F. C., & Rosita, T. (2019). Effect of welfare and teaching motivation on professional competence of elementary teachers using participatory action research (Par) methods. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(11), 1975–1978.
Musfah. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru; Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar, Teori dan Praktik. Kencana Prenada Group.
Noor, T. (2017). Pengaruh Mutasi, Promosi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(2), 279–288. https://doi.org/10.35972/jieb.v3i2.105
Purba, E. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pdam Tirta Bina Labuhanbatu Elvitrianim Purba 1 Dosen AMIK Stiekom Sumatera Utara. Jurnal Stindo Profesional, 6(January 2016).
Purba, S. C., Lie, D., Efendi, E., & Wijaya, A. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru Pada Smk Gkps 2 Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 4(2), 92–102. https://doi.org/10.37403/maker.v4i2.102
Raharjo, S. B., & Yuliana, L. (2016). Manajemen Sekolah Untuk Mencapai Sekolah Unggul Yang Menyenangkan: Studi Kasus Di Sman 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 203. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i2.769
Rahmaniah. (2021). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru Dan Pengembangan Karir Guru Agar Tercapai Pembelajaran Yang Berkualitas. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2)(May), 1–7.
Riyadi, S. (2011). Pengaruh Kompensasi Finansial, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1). https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.40-45
Rizkiyani, D., & Saragih, S. (2012). Stress Kerja Dan Motivasi Kerja Pada Petugas Lembaga Permasyarakatan. Jurnal Manajemen Maranatha, 12(1), 113032. https://doi.org/10.28932/jmm.v12i1.172
Robbins & Judge. (2011). Perilaku Organisasi (2nd ed.). Salemba Empat.
Robbins & Mary. (2013). Manajemen (Kesepuluh). Erlangga.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download
Sagala. (2008). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat: Stategi Memenangkan Persaingan Mutu. Nimas Multima.
Sekarini, T. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap KepuasanKerja Pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis Thesa Sekarini Abstrak. Ekonomi, 331–339.
Setiawan, D., Saputra, H. D., Muslim, M., & Chandra, R. (2020). Penilaian Kinerja Guru Produktif Dalam Melaksanakan Standar Kompetensi Guru. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 114–122. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.361
Setiawan. (2014). Peran Kreativitas: Inovasi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat (2nd ed.). Pustaka Populer Obor.
Suaeb, Agussalim, A., Syarif, S., & Iqbal, M. (2021). Manajemen Kepemimpinan Pendidikan: Analisis Untuk Mewujudkan Keunggulan Kompetitif. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 477–484. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2296
Sudarnice, S. (2020). Increasing Innovative Performance through Organization Culture, Work Satisfaction and Organization Commitments. Integrated Journal of Business and Economics, 4(1), 88. https://doi.org/10.33019/ijbe.v4i1.251
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.