Pengaruh Fasilitas, Perilaku Konsumen dan Harga terhadap Minat Pembelian pada Pasar Modern Pamulang Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p191-199.30418Keywords:
Fasilitas, Perilaku Konsumen, Harga, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas, perilaku konsumen dan harga terhadap minat beli di Pasar Modern Pamulang Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jumlah populasi yaitu pengunjung pasar tidak dapat dipastikan, dengan menggunakan sampling insidental diperoleh 60 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner, metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan teknik regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, uji F simultan, uji t parsial, dan uji koefisien determinasi. Dari analisis korelasi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang sedang antara fasilitas dan niat beli, hubungan yang sangat kuat antara perilaku konsumen dan niat beli, dan korelasi yang kuat antara harga dan minat beli. Dari hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = -2,069 + 0,266 X1 + 0,505 X2 + 0,350 X3. Uji t secara parsial menunjukkan bahwa fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 35,3%, sedangkan 64,7% dipengaruhi oleh variabel lain, secara parsial perilaku konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 73,9%, sedangkan 26,1% dipengaruhi oleh variabel lain dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 54,6%, sedangkan 45,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Uji F secara simultan menunjukkan bahwa fasilitas, perilaku konsumen dan harga secara simultan mempengaruhi minat beli di Pasar Modern Pamulang Kota Tangerang Selatan sebesar 78,1%, sedangkan 21,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Perilaku konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 73,9%, sedangkan 26,1% dipengaruhi variabel lain dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 54,6%, sedangkan 45,4% dipengaruhi variabel lain. Uji F secara simultan menunjukkan bahwa fasilitas, perilaku konsumen dan harga secara simultan mempengaruhi minat beli di Pasar Modern Pamulang Kota Tangerang Selatan sebesar 78,1%, sedangkan 21,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Perilaku konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 73,9%, sedangkan 26,1% dipengaruhi variabel lain dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 54,6%, sedangkan 45,4% dipengaruhi variabel lain. Uji F secara simultan menunjukkan bahwa fasilitas, perilaku konsumen dan harga secara simultan mempengaruhi minat beli di Pasar Modern Pamulang Kota Tangerang Selatan sebesar 78,1%, sedangkan 21,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian.
References
Anwar, Sanusi. 2016. Metodelogi Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Salemba Empat. Jakarta.
Arief Adi Satria. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36, PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol 2, No. 1, April 2017.
Bida Sari1, Estu Mahanani. Analisis Pengaruh Harga, Produk, Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Telon Lang (Survei EventCSRPT. Eagle Indo Pharma), Jurnal STEI Ekonomi - JEMI Vol. 26 No. 02 (Des - 2017).
Donni Junni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandy Tjiotono. 2014. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
H Hastono, Triyadi Triyadi. Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Merk Vivo Di Wilayah Tangerang Selatan, Jurnal Ekonomi Efektif, Vol 2, No 3 (2020).
Inka Imalia, Imelda Aprileny. Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi KasusPembelian Rumah Di Grand Nusa Indah Blok J, Cileungsi Pada PT. Kentanix Supra Internasional). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Tahun 2019/2020
J. Setiadi, Nugroho. 2015. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Kotler, Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip., Keller, Kevin L. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Keller, 2016. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Kawahe, D. E., Mananeke, L., & Jorie, R. J. 2017. Pengaruh Desain Layout, Fasilitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Matahari Departemen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 3549–3558.
Marianawati Siregar, Heryensus. Pengaruh Pelayanan, Promosi dah Fasilitas Terhadap Minat Beli Papad PT. Adulam Namora Wisata Tour & Travel, Jurnal Ilmiah Kohesi, Vol. 4 No. 3 Juli 2020
Mutmainnah. 2020. Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sarana Multigriya Lestari. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), Vol 2, No 1 (2020).
Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nel Arianty, Robby Gunawan. Dampak Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Intervening pada UMKM ikan lele di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang, Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, UMSU 2(1), 2021.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nurmin Arianto, Jefri Muhammad. Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. Proceedings Unpam, Vol 1, No 1 (2018).
Pantilu, Koleangan, & Roring. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warungk Bendito Kawasan Megamas Manado, Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 3723 – 3732.
Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Peraturan Presiden No. 112 tahun 2007. Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.
Peraturan Walikota Tangerang Selatan Nomor 2 Tahun 2013. Petunjuk Teknis Pentaan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern.
Sadilah, Emiliana. dkk. 2011. Eksistensi Pasar Tradisional Relasi dan Jaringan Pasar Tradisional di Kota Semarang-Jawa Tengah. Yogyakarta: Balai Pelestarian.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.
Tanti Dwi Fitra Laela, Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Merek Produk Terhadap Minat Beli Produk Fashion Zoya, Jurnal Manajemen Univ. Galuh Ciamis, Vol. 2, No. 2, Oktiber 2015
Widiyanto, Joko. 2010. SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.