Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Milo (Konsumen Milo Domisili Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i2.p408-416.36129Keywords:
Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kualias ProdukAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap perilaku pembelian konsumen Milo yang berada di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 88 responden. Pemilihan responden dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan strategi pengambilan sampel yang berpedoman pada arahan Agusty Ferdinan. Penduduk wilayah Surabaya telah menunjukkan kecenderungan untuk mengonsumsi minuman bernama Milo pada tahun anggaran sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling yang dikenal dengan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari orang berusia tujuh belas tahun ke atas yang mengonsumsi Milo dalam satu tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan proses analisis yang dikenal dengan Partial Least Squares (PLS). Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan substansial secara statistik antara Citra Merek dan Kualitas Produk, serta dampaknya terhadap pilihan pembelian konsumen.
References
Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96-104.
Andrian, W., & Fadillah, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Merek, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Airasia. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), 53-60.
Aripin, Z., & Negara, M. R. P. (2021). Perilaku bisnis: etika bisnis & perilaku konsumen. Deepublish.
Bancin, J. B. (2021). Citra Merek dan Word of Mouth (Peranannya Dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina). Jakad media publishing.
Ependi, H., & Pahlevi, R. W. (2021). Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Produk Online Shop Shopee Dan Faktor Penentunya. Journal Competency of Business, 5(1), 118-135.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Yogyakarta: Penerbit Qiara Media
Hikmah, I. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Olahan Susu Di Koperasi Susu SAE Pujon. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 283–294. https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.344
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Islamiyah, K., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Mi Instan Sarimi (Studi pada Mahasiswa yang Sedang Kuliah di Surabaya). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1567. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2579
Julianti, G., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Promosi, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Buku Di Gramedia Plaza Pondok Gede. Panorama Nusantara, 17(2), 1-15.
Kaunaini, D. A. S. Al, & Aminah, S. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Indomilk Di Sidoarjo (Studi Pada Konsumen Susu Indomilk Di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2549–2557. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid I. Jakarta: Erlangga
Kurniasih, D. (2021). Kepuasan konsumen: studi terhadap word of mouth, kualitas layanan dan citra merek. Bintang Visitama.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Permata, P. M., & Soegiono, P. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Supermi Di Aini Swalayan Surabaya. Sumber. https://www.academia.edu/download/65371921/Jurnal_Meby_Jadi.pdf
Rahmawati, D., & Chan, S. (2022). Pengaruh Brand Image, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Pada Kopi Janji Jiwa Citra 6 Kalideres ). Journal of Fundamental Management, 2, 261–272.
Rudiansyah, A. J., & Suprihhadi, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Nescafe Dolce Gusto Di Surabaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. e-ISSN: 2461-0593
Saputra, A. (n.d.). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Frozen Food Di Kota Batam.
Sari, M. B., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Teh Gelas Di Kota Surabaya. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 851–858. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2663
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga. Prenada Media.
Turzillo, A. M., Campion, C. E., Clay, C. M., & Nett, T. M. (1994). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Uht Milo Di Kota Ambon. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 135(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
INOVASI: journal of managenet have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, INOVASI: JOURNAL OF MANAGEMENT recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.