Efek Celebrity Endorser dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Collagen Drink Byoote di Surabaya

Authors

  • Farhah Fu’adah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Zumrotul Fitriyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p69-78.39724

Keywords:

Celebrity Endorser; Impulse Buying; Shopping Lifestyle

Abstract

Standar kecantikan di Indonesia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk budaya, sejarah, dan media. Perawatan dan kecantikan tak cukup hanya berasal dari aspek luar tubuh. Banyaknya bisnis di industri kecantikan dengan berbagai jenis produk yang beraneka ragam dapat menjadikan persaingan yang sangat kompetitif. Tujuan penulis dalam penelitian ini menganalisis pengaruh celebrity endorser dan shopping lifestyle terhadap impulse buying collagen drink Byoote di Surabaya. Byoote merupakan salah satu dari 5 Top Brand Index yang masuk dalam kategori collagen drink terlaris, namun mengalami penurunan  penjualan produknya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner. Accidental sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini, dengan jumlah 84 responden. Data diolah dengan menggunakan PLS. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa celebrity endorser dan shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying produk.

References

Ardi, Y. F., & Zumrotul Fitriyah. (2023). The influence of brand image and celebrity endorser on purchasing decisions of pixy compact powder: a case study on active students in surabaya. 7.

Azzahra, Latifah, and Nabilah Nursholehah. 2022. “Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Implusive Buying Behavior Konsumen (Survey Pada Scarlett Body Whitening Di Kota Bandung, Indonesia).” International Journal Administration Business and Organization 3 (2): 70–82. https://doi.org/10.61242/ijabo.22.215.

Efendi, M Sabilal Ali, and Sugeng Purwanto. 2023. “Pengaruh Brand Image , Celebrity Endorser Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneakers Nike.” Artha Et Al 4 (6): 7114–23.

Handayani, W. (2018). Pengaruh Store Environment, Personal Value, Working Self Concept. Dan Affect Terhadap Impulse Buying Studi pada Generasi Y yang Berbelanja di Departemen Store dalam Mall (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Handoko, Bagus, and Nur Amalia. 2022. “Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Produk Chatime Dengan Positive Emotio N Sebagai,” 68–80.

Khoiriah Amalia Siregar, Tuti Anggraini, Atika. 2023. “Pengaruh Shopee Paylater, Endorsment, Dan Sikap Tabzir Terhadap Impulse Buying Pada Produk Kosmetik” 3 (1): 31–41.

Kurniasih, Lina, and Asep Maulana. 2021. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Impulse Buying Pada Tokopedia Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pengguna Tokopedia Di Karawang).” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 5 (4): 1401–11. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2568.

Putri Agustin Dwi Ningrum, Hery Pudjoprastyono. 2023. “Shopping Lifestyledan Diskon Terhadapimpulse Buyingdi E-COMMERCE.” Journal of Management and Bussines (JOMB) 5 (1): 94–107.

Reindra Prasista Bisma, Effed Darta Hadi. 2024. “Pengaruh Viral Marketing Dan Internet Celebrity Endorsement Terhadap Impulse Buying Melalui Online Trust.” Reslaj: Religion Education Sosial Laa Roiba Journal 6 (3): 1512–26.

Veliana Angela, Eristia Lidia Paramita. 2020. “Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z.” Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen Universitas Kristen Satya Wacana 10: 248–62. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis.

Wahyuni, Reni Suci, and Harini Abrilia Setyawati. 2020. “Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA) 2 (2): 144–54.

Yully Styowati, C., Dwiridotjahjono, J. (2023). The Influence Of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, And Sales Promotion On Impulse Buying Of Sociolla Users In Surabaya Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Soci. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1353–1361. http://journal.yrpipku.com/index.php/mse

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Fu’adah, F., & Fitriyah, Z. (2024). Efek Celebrity Endorser dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Collagen Drink Byoote di Surabaya. INOVASI, 11(1), 69–78. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p69-78.39724