Peran Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Reza Eka Fadhilah Universitas Asa Indonesia
  • Bonifasius MH Nainggolan Universitas Asa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p150-163.40256

Keywords:

Kualitas Pelayanan; Memercayai; Pengalaman pelanggan; Kepuasan pelanggan; Restoran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman pelanggan, kepercayaan, dan kualitas layanan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan pendekatan survei, penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 105 pengunjung Restoran Rimbun Café 32 di Jakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dimana responden yang memenuhi syarat sebagai sampel adalah tamu yang telah melakukan pembelian minimal dua kali. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, untuk menguji data digunakan analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang kecil terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan secara signifikan dipengaruhi oleh kepercayaan dan pengalaman pelanggan. Dengan demikian, semakin banyak kepercayaan dan pengalaman pelanggan, maka semakin meningkat pula kepuasan pelanggan.  Mempertahankan hubungan konsumen jangka panjang membutuhkan kepercayaan.  Pengalaman yang baik dan berkesan diharapkan dapat meningkatkan penjualan di masa depan.

References

Arevin, A. T., Hamida, H., & Nainggola, B. M. (2024). Social media marketing to increase customer satisfaction in hospitality industry. International Journal of Data and Network Science, 8(3), 1471–1480.

Arifin, S. (2011). Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Jepara Indah. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 8, 67–78. https://doi.org/10.34001/jdeb.v8i1.101

Barahama, T., Wijiastuti, R. D., Rawi, R. D. P., & Lewenussa, R. (2022). Citra Perusahaan, Customer Experience Dan Fasilitas: Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Pelni Cabang Sorong. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 1(2), 142–149.

Bowie, D., & Buttle, F. (2004). Hospitality Marketing: An Introduction. In Elsevier Butterworth-Heinemann Linacre House, Jordan Hill, Oxford.

Buttle, F., & Maklan, S. (2015). Customer Relationship Management: Concept and Technologies. In Routledge 2 Park Square, Milton Park, Abingdon, Oxon OX14 4RN (Third Edit).

Damayanti, R. N., & Nainggolan, B. M. H. (2024). Meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Layanan , Kualitas Produk dan Persepsi Harga di. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(April), 4224–4231.

Darmawan, K. G., Yulianthini, N. N., & Mahardikha, A. . N. Y. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 74.

Desmi, R. N., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Albania Coffee Boja). YUME : Journal of Management, 5(1), 16 pages. https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1751

Doembana, I., Rahmat, A., & Farhan, M. (2017). Manajemen Dan Strategi komunikasi Pemasaran. In Zahir Pulishing, Yogyakarta.

Fakhrudin, A. (2021). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Mempengaruhi Kepuasan Konsumen di Bandar Udara Notohadi Negoro Jember. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 10(1), 97–107.

Guspul, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo). Jurnal PPKM UNSIQ I, Vol.1(No.1), PP.40-54.

Gustafsson, A., Johnson, M. D., & Roos, I. (2005). The Effects of Customer Satisfaction, Relationship Commitment Dimensions, and Triggers on Customer Retention. Journal of Marketing, 69(4), 210–218.

Hapsara, O., Febrian, W. D., Nuzleha, Sani, I., Lustono, Yuni, N., Abdurohim, Karmila, M., Utami, R., Ilmi, A. D., Yuliana, L., Sari, E. P., Lasminingrat, A., Simatupang, S., Imron, A., & Andri, S. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa (Membangun Loyalitas Pelanggan). In Eureka Media Aksara, ANGGOTA IKAPI JAWA TENGAH.

Hendayana, Y., & Sari, A. M. E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna JNE Express Pondok Gede. Mediastima, 27(2), 153–169.

Indriati, A., & Fitriana, N. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Nilai, Customer Experience terhadap Kepuasan Pelanggan Sate Klathak Pak Pong. Jurnal Menata, 1(1), 1–6.

Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. In PT. Elex Media Komputindo. PT Elex Media Komputindo.

Komala, R., & Selvi, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online. Jurnal Manajemen, 13(3), 483–491.

Krisnanto, A., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Gojek di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 76.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2014). Marketing. In South-Western 5191 Natorp Boulevard Mason, OH 45040 USA Cengage Learning products are represented in Canada by Nelson Education, Ltd (Student Ed).

Lamb, C. W., Joseph F. Hair, J., & Daniels, C. M. (2017). Principles of Marketing. In Cengage Learning 20 Channel Center Street Boston, MA 02210 USA. Cengage Learning.

Lamb, C. W., Joseph F. Hair, J., & McDaniel, C. (2018). Principles of Marketing. In Cengage Learning 20 Channel Center Street Boston, MA 02210 USA (Tenth Edit). Cengage Learning.

Lubis, M. F. I., Aslami, N., & Tambunan, K. (2023). Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cafe Pascho Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 872–882. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3074

Meyer, C., & Schwager, A. (2007). Understanding customer experience. Harvard Business Review, 85(6), 137.

Montung, P., Sepang, J., & Adare, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 678–689.

Nainggolan, B. M. ., Soerjanto, Nurwati, E., & Triana, N. (2022). A Customer Value Approach to Increase Customer Satisfaction and Loyalty at Fast-Casual Dining Restaurant : The Mediating Role of Trust. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 11(1), 86–101.

Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Widya Manajemen, 7(2), 21–39. http://pasca-umi.ac.id/index.php/tata/article/view/174

Nurwati, E., Raharjo, P. G., & Yuliani, N. (2022). Electronic Word of Mouth, Perceived Price, and Brand Image Increasing Purchase Intention in RedDoorz Indonesia Through Perceived Service Quality as Intervening Variable. ENDLESS: INTERNATIONAL JOURNAL OF FUTURE STUDIES, 5(1), 54–72. https://doi.org/10.54783/endlessjournal.v5i2.213

Peppers, D., & Rogers, M. (2017). Managing Customer Experience and Relationship: A Strategic Framework. In John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey (third).

Pranogyo, A. B., Santoso, J. B., & Pratiwi, R. (2023). Dampak kepercayaan pelanggan, lokasi dan promosi atas kepuasan pelanggan pada perusahaan jasa pengiriman. Jurnal Manajemen Daya Saing, 25(1), 14–25.

Priambodo, G., & Nainggolan, B. M. (2024). Increasing Gojek Customer Satisfaction through Improving Service Quality, Price Perception, and Promotions. Majalah Ilmiah Bijak, 21(1), 1–12.

Putri, B. R. T. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. In Fakultas Peternakan Universitas Udayana. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rahmat Kurniawan, H., & Nainggolan, B. M. (2023). Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Customer Experience DI Grand Cemara Hotel Jakarta. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 16(2), 2023. https://doi.org/10.46306/jbbe.v16i2

Ralahallo, B. A. B. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Kedai Raihan Di Kota Ambon. Hipotesa, 16(1), 94–105.

Reid, R. D., & Bojanic, D. C. (2006). Hospitality Marketing Management. In John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey Published simultaneously in Canada (Fourth Edi).

Sabrina, N. N., Ginting, P., & Silalahi, A. S. (2023). The Effect of Customer Value, Customer Experience and Customer Trust on Customer Satisfaction (Ace Hardware Medan Customer). Warta Dharmawangsa, 17(2), 718–732.

Safira, A., Asyiah, S., & Slamet, A. R. (2023). Pengaruh Customer Experience, Kepercayaan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Resto Hodai All You Can Eat. Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 40–51.

Said, M. (2022). Manajemen Pemasaran dan Kepuasan Konsumen Perusahaan Ritel Modern. In Gunawan (Ed.), Penerbit Intelektual Karyawa Nusantara (IKN).

Salim, F. K., & Catherine. (2013). Pengaruh Customer Experience dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen di TX Travel Klampis. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Samosir, A. A., & Marpaung, H. (2022). Pengaruh Harga Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Gerai Bfc Fried Chicken Mutiara Kisaran. Jurnal Manajemen. Ekonomi Sains, 3(2), 17–25.

Sari, R. A., Aswar, N. F., & Aslam, A. P. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Sulselbar. Jurnal Manajemen, 2(2), 119. https://doi.org/10.26858/jm.v2i2.42329

Sekaran, U. (2011). Research Methods For Business (Metodologi Penelitin Untuk Bisnis). In Penerbit Salemba Empat.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. In Universitas Brawijaya Press (UB Press). https://doi.org/10.47467/elmal.v3i1.329

Soerjanto, S., & MH Nainggolan, B. (2022). Improving Customer Satisfaction through Trust in “Bandung Tour on Bus (Bandros)” by Taking Into Account The Contribution of Service Quality and Brand Image. Majalah Ilmiah Bijak, 19(1), 01–12. https://doi.org/10.31334/bijak.v19i2.1866

Sudaryana, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia (Persero) Kota Tangerang. Journal of Management Review, 4(1), 447–455.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In CV Alfabeta. Alfabeta.

Syahwi, M., & Pantawis, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Indihome (Studi Kasus pada PT. Telkom Kota Semarang). ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 3(2), 150–163.

Walden, S. (2017). Customer Experience Management Rebooted. In This Palgrave Macmillan Macmillan Publishers Ltd. Palgrave Macmillan UK.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano. In B. Sarwiji (Ed.), Penerbit Indeks Jakarta Permata Puri Media Kembangan Utara-Jakarta Barat 11610 (Edisi Kedu).

Winahyuningsih, P. (2010). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Griptha Kudus. Sosial Dan Budaya, 3(2), 1–17.

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2016). Services Marketing. In World Scientific Publishing Co. Inc. USA.

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2018). Essentials of Services Marketing. In Pearson Education Limited Edinburgh Gate Harlow Essex CM20 2JE England (Third Edit). Licensing Agency.

Yoon, S. J., & Lee, H. J. (2017). Does Customer Experience Management Pay Off? Evidence from Local versus Global Hotel Brands in South Korea. Journal of Hospitality Marketing and Management, 26(6), 585–605.

Yulianti, F., Lamsah, Periyadi, & Cantik, H. (2019). Manajemen Pemasaran. In Penerbit Deepublish, Jl> Sajawali, G. Elang 6 No. 3, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman.

Yuwono, H., & Yuwana, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko King di Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2004).

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Fadhilah, R. E., & Nainggolan, B. M. (2024). Peran Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. INOVASI, 11(1), 150–163. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p150-163.40256