Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Wardah di Kota Surabaya

Authors

  • Nurul Hasanah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rizky Dermawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p206-214.40400

Keywords:

Brand Ambassador; Citra Merek; Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk Wardah di kota Surabaya. Wardah merupakan salah satu brand kecantikan sebagai pionir brand kecantikan halal di Indonesia. Penelitian ini adalah konsumen Wardah wanita yang berdomisili di Surabaya dan pernah membeli serta menggunakan Wardah. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis data menggunakan PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa duta merek mempunyai kontribusi terhadap keputusan pembelian. Citra Merek mempunyai kontribusi terhadap keputusan pembelian.

References

Ayu, L. T. (2022). Pengaruh Brand Ambassador BTS (Bangtan Boys) dan E-Trust terhadap Minat Beli:. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, Volume 4 No 5.

Adisty, N. (2022, Mei). Retrieved Maret 2024, from GoodStats: https://goodstats.id/article/menilik-meningkatnya-konsumsi-produk-kecantikan-di-indonesia-LcQed

Dewi, B. S., Suardana, I. M., & Satriawan. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina. Kompeten, Vol. 1 No. 1.

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), Vol. 4 No. 2.

Fazirah, E., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Kosmetik Wardah di Kota Surakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, Vol. 5 No. 3.

Garut, A. G., & Purwanto, S. (2023). Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kacang Dua Kelinci di Kota Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, Volume 6.

Hidayat, A. (2018). Retrieved Maret 2024, from Statiskian: https://www.statistikian.com/2018/12/variabel-pls-sem-data-hubungan-asumsinya.html

Iqbal, M. (2022). Retrieved Maret 2024, from Lindungi Hutan: https://lindungihutan.com/blog/pengertian-merek-adalah/

Islamiah, F., Harmayanto, & Jayanti, R. D. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian. Gajah Putih Journal of Economics Review (GPJER), 1.

Lestari, V. W., & Nurhadi. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Brand Awareness Shopee Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 13. No. 1.

Marcella, I., Nursal, M., & Wulandari, D. S. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Skincare Somethinc di Kota Bekasi. Jurnal Economina, Volume 2, Nomor 10.

Perdana, R. K., & Wardhani, N. I. (2021). Ketertarikan Konsumen Terhadap Lee Min Ho Sebagai Brand Ambassador dan Citra Merek Lazada Terhadap Keputusan Pembelian. Maker: Jurnal Manajemen, Volume 7, No.1.

Rahmah, R. M., & Supriyono. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Sariayu. Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol 3.

Rauf, I. (2024). Retrieved Maret 2024, from Mina News Net: https://minanews.net/wardah-menangkan-tiga-kategori-lppom-mui-halal-award-2023/

Safithri, M. N. (2023, Februari). Retrieved Maret 2024, from Majo.id: https://majoo.id/solusi/detail/konsep-pemasaran

Sulistyana, A., & Aminah, S. (2024). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare MS Glow di Kota Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, Vol 6.

Veronika, & Nainggolan, N. P. (2022). Pengaruh Promosi, Atribut Produk, dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 11 No. 4.

Wongkar, K. E., Lumanaw, B., & Kawet, R. C. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kokumi Manado. Jurnal EMBA, Vol.11 No.3.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Hasanah, N., & Dermawan, R. (2024). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Wardah di Kota Surabaya. INOVASI, 11(1), 206–214. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i1.p206-214.40400