PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI RITEL MINIMARKET DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Dicky Jhon Anderson Butarbutar Universitas Widyatama
  • Annisa Lisdayanti Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i1.p16-23.5441

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi pada era globalisasi saat ini menuntut semua industri untuk selalu meningkatkan kinerja pemasaran dan efisiensi dalam menjalankan usahanya. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk perusahaan yang bergerak pada industri ritel menjadi sebuah kendala dalam menjalankan bisnisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan internal dan lingkungan eksternal terhadap strategi pemasaran. Metode dalam penelitian ini regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh industri ritel minimarket di kota Bandung tahun 2018 sebanyak 442. Metode pengambilan sampel menggunakan menghitung ukuran sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik Slovin dengan alpha 10%, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 82 minimarket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 55.9% variasi variabel dependen strategi pemasaran dapat dijelaskan melalui variabel independen yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Secara simultan variabel lingkungan internal dan lingkungan eksternal berpengaruh terhadap strategi pemasaran. Hal yang sama juga terjadi pada pengujian secara parsial yang menunjukan variabel lingkungan internal dan lingkungan eksternal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran industri ritel pada minimarket di Kota Bandung.

 

Kata Kunci:Lingkungan Bisnis, Lingkungan Internal & Eksternal, Strategi Pemasaran

Downloads

Published

2020-06-06

How to Cite

Butarbutar, D. J. A., & Lisdayanti, A. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI RITEL MINIMARKET DI KOTA BANDUNG. INOVASI, 7(1), 16–23. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i1.p16-23.5441