ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING SERTA KUALITAS PRODUK DENGAN INTEGRASI SWOT DAN BALANCE SCORECARD (STUDI KASUS PT. PURNAMAJAYA BHAKTI UTAMA)

Authors

  • Sugiyarto Sugiyarto Universitas Pamulang
  • Sarwani Sarwani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i1.p52-66.5444

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini untuk menentukan pilihan strategi dengan melakukan  integrasi SWOT dan Balance  Scorecard sebagai upaya meningkatkan daya saing perusahaan serta meningkatkan kualitas produk. Metode Penelitian ini digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari penelitian kepustakaan serta dari data perusahaan. Sedangkan data primer diperoleh langsung dari responden melalui penelitian lapangan atau observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil yang diperoleh untuk penentuan kriteria balance scorecard  untuk PT Purnamajaya Bhakti Utama, total skor nilai 75%, persentase tersebut  menunjukan  kondisi PT. Purnamajaya Bhakti Utama berada  pada kondisi  sehat dengan kategori A. Sedangkan dari  hasil  FGD  diperoleh  nilai  bobot kinerja keuangan berada pada posisi sangat sehat dengan kategori AAA dengan nilai skor tertimbang sebesar 91% dan  untuk perspektif  pelanggan pada posisi sehat dengan kategori   AA  dengan  nilai  skor  tertimbang sebesar 81.25%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Strategi pemasaran dengan Integrasi SWOT dan Balance Scorecard yang diterapkan manajemen PT. Purnamajaya Bhakti Utama dapat meningkatkan daya saing dan kualitas produk.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Balance Scorecard

Downloads

Published

2020-06-06

How to Cite

Sugiyarto, S., & Sarwani, S. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING SERTA KUALITAS PRODUK DENGAN INTEGRASI SWOT DAN BALANCE SCORECARD (STUDI KASUS PT. PURNAMAJAYA BHAKTI UTAMA). INOVASI, 7(1), 52–66. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v7i1.p52-66.5444