Memahami Keputusan Pembelian Konsumen melalui Brand Image pada Burger Bangor di Denpasar Selatan

Authors

  • Putu Ayu Titha Paramita Pika Universitas Pendidikan Nasional
  • Komang Bagus Ariwangsa Mannu Mahaputra Surya Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Ketut Arniti Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Wayan Lasmi Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v12i2.p434-449.54512

Keywords:

Content Marketing; Engagement Rate; Brand Image; Keputusan Pembelian; Pemasaran Digital

Abstract

Perkembangan media digital yang pesat telah mengubah cara merek berinteraksi dengan konsumen, khususnya pada industri makanan cepat saji. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh content marketing dan engagement rate terhadap keputusan pembelian melalui brand image pada Burger Bangor di Denpasar Selatan. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan data primer yang diperoleh dari 160 responden melalui kuesioner daring. Analisis dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing dan engagement rate berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Brand image juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian serta memediasi pengaruh content marketing, namun tidak pada engagement rate. Temuan ini menegaskan bahwa brand image berperan sebagai jembatan strategis antara aktivitas pemasaran digital dan perilaku pembelian konsumen. Secara teoretis, penelitian ini memperkuat penerapan Theory of Planned Behavior dan memberikan implikasi praktis bagi pelaku usaha kuliner lokal untuk mengoptimalkan kualitas konten serta interaksi di media sosial.

References

Adnan, M., Yaseen, M., Khan, A. U., & Khan, E. A. (2021). Customer relationship management and brand image encourage customer retention: A mediating role of customer engagement. Webology, 18(6), 1–17.

Alalwan, A. A. (2021). Investigating the impact of social media advertising features on customer purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 61, 102594.

Ali, H., Mahaputra, M. R., Saputra, F., Maharani, A., Nofrialdi, R., Saputra, E. B., Yandi, A., & Satriawan, N. (2023). Influence of brand image: Analysis of purchase decision and author loyalty. Migration Letters, 20(6), 676–682.

Andasari, A., & Anshori, M. Y. (2023). Impact of content marketing, brand image, and social media on buying behavior. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 12(2), 121–140.

Cahyono, A., & Salsabila, D. (2024). Peran brand image dalam memperkuat strategi pemasaran digital UMKM kuliner. Jurnal Bisnis dan Manajemen Indonesia, 9(1), 41–53.

Chatterjee, S., & Kar, A. K. (2020). Why do customers engage in social media brand communities? Journal of Business Research, 109, 384–395.

Chinomona, R., & Sandada, M. (2021). Predictors of consumer online purchase intention in emerging markets. African Journal of Economic and Management Studies, 12(2), 243–260.

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., & Hughes, D. L. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research. International Journal of Information Management, 59, 102168.

Etikan, I., & Bala, K. (2019). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 8(6), 245–249.

Fuada, S., Maulana, M., & Anshori, A. G. (2024). Brand image and perceived risk in consumer purchase decision of electronic products. Cogent Business & Management, 11(1), 215–229.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2019). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Sage Publications.

Hanaysha, J. R. (2022). Impact of social media marketing features on consumer’s purchase decision in the fast-food industry: Brand trust as a mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 100102.

Handini, Y. D., Khristianto, W., & Mulyono, J. (2025). Analysis of branding strategy via social media Instagram at Waecicu Bakery Jember. Journal of Economic, Management and Entrepreneurship, 3(2), 63–72.

Henseler, J., Hubona, G., & Ray, P. A. (2020). Using PLS path modeling in new technology research: Updated guidelines. Industrial Management & Data Systems, 120(12), 2211–2242.

Hidayat, M., & Anisa, R. (2024). Peran media sosial dalam meningkatkan brand awareness UMKM kuliner lokal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, 18(1), 55–68.

Jamilah, S., & Raharjo, A. (2024). Pengaruh interaksi sosial digital terhadap kepercayaan merek dan loyalitas konsumen. Jurnal Komunikasi dan Bisnis Digital, 3(1), 22–34.

Kaur, P., Paruthi, M., & Malik, G. (2023). Examining the role of social media engagement in building brand trust and purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 70, 103122.

Keni, K., & Julianto, A. (2023). The role of attitude and subjective norms on purchase intention: An application of the theory of planned behavior. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 24(3), 175–186.

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.

Liu, Y., & Park, J. (2023). Exploring consumer attachment through digital content: The role of emotional engagement. Journal of Interactive Marketing, 63, 105–119.

Lopes, A. R., Porto, I., & Casais, B. (2022). Digital content marketing: Conceptual review and recommendations for practitioners. Academy of Strategic Management Journal, 21(2), 1–17.

Nugroho, R., & Sari, E. (2024). Engagement pengguna media sosial dan implikasinya terhadap niat beli produk lokal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer, 8(2), 97–111.

Pradana, A., & Widjaja, G. (2023). Pengaruh bukti sosial terhadap kepercayaan merek di era digital. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Inovasi Bisnis, 4(2), 65–76.

Pulizzi, J. (2020). Content Inc.: Start a Content-First Business, Build a Massive Audience and Become Radically Successful. McGraw-Hill.

Rahman, T., & Putri, L. (2022). Strategi content marketing dalam membangun loyalitas pelanggan pada bisnis kuliner digital. Jurnal Pemasaran Indonesia, 10(1), 33–45.

Rahmawati, A., & Prabowo, H. (2022). Optimalisasi Instagram sebagai media pemasaran digital bagi UMKM kuliner. Jurnal Manajemen Pemasaran, 20(1), 45–56.

Ridzwan, M. S., Zainal, R. H., & Yahya, W. K. (2024). The influence of brand image and trust on purchase decision in Malaysian retail sector. Journal of Marketing Analytics, 12(1), 34–48.

Santoso, D., & Nugraha, M. (2021). Autentisitas konten dan persepsi konsumen terhadap merek lokal di media sosial. Jurnal Komunikasi Bisnis dan Inovasi, 5(2), 88–101.

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2022). Partial least squares structural equation modeling. In Handbook of Market Research (pp. 587–632). Springer.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2020). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (8th ed.). Wiley.

Setiadi, A., & Ramadhan, M. (2021). Profil konsumen generasi muda dan perilaku konsumtif di era digital. Jurnal Manajemen Kontemporer, 9(2), 113–125.

Syahputra, I., & Sari, R. (2023). Media sosial dan engagement konsumen: Studi pada UMKM kuliner berbasis digital. Jurnal Administrasi Bisnis, 27(3), 210–222.

We Are Social. (2025). Digital 2025: Indonesia – DataReportal Global Digital Insights. Datareportal.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Pika, P. A. T. P., Surya, K. B. A. M. M., Arniti, N. K., & Lasmi, N. W. (2025). Memahami Keputusan Pembelian Konsumen melalui Brand Image pada Burger Bangor di Denpasar Selatan. INOVASI, 12(2), 434–449. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v12i2.p434-449.54512