ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN RETURN ON ASSET (ROA) SEBAGAI ALAT UKUR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada PT. Jaya Real Property)

Authors

  • DINA - NOVITA

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v2i2.p%25p.642

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN RETURN ON ASSET (ROA) SEBAGAI ALAT UKUR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PT JAYA REAL PROPERTY). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT Jaya Real Property selama 4 tahun sejak tahun 2009 sampai dengan 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survey/descriptive research, yaitu penelitian yang hanya mengembangkan konsep dan menghimpun fakta tetapi tidak menguji hipotesis, Penelitian deskriptif dengan analisa kuatitatif yang menggunakan variable berupa EVA, ROA, Kinerja keuangan. Prosedur pengumpulan data melalui metode dokumentasi terhadap laporan keuangan PT Jaya Real Property dan studi pustaka. Hasil Analisis EVA menunjukan kinerja keuangan yang baik, Hal ini ditandai dengan hasil EVA positip yang berarti manajemen perusahaan telah mampu menciptakan nilai tambah perusahaan. Berdasarka hasil analisis ROA menunjukan kinerja keuangan baik, hal ini ditandai dengan hasil ROA < 1 yang berarti perusahaan efisien dalam menggunakan sumber daya yang ada di perusahaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT Jaya Real Property selama kurun waktu 2009 sampai dengan 2012 dalam kondisi sehat.

Kata kunci : EVA (Economic Value Added) dan ROA (Return On Asset)

Downloads

Published

2017-09-27

How to Cite

NOVITA, D. .-. (2017). ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN RETURN ON ASSET (ROA) SEBAGAI ALAT UKUR PENILAIAN KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada PT. Jaya Real Property). INOVASI, 2(2). https://doi.org/10.32493/Inovasi.v2i2.p%p.642

Issue

Section

Articles