ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI PAMULANG (Studi Kasus Orang Tua Siswa Pada TK. ISLAM AZKIYA)

Authors

  • Suharni Rahayu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v4i2.p%25p.752

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI PAMULANG  (Studi Kasus Orang Tua Siswa Pada TK. ISLAM AZKIYA) Strategi adalah rencana yang disatukan, luas, dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan.Penerimaan siswa baru adalah merupakan salah satu kegiatan yang pertama kali dilakukan dalam sebuah lembaga pendidikan, yang tentunya penerimaan siswa baru melalui penyeleksian yang telah ditentukan kepada calon siswa baru serta pengklasifikasian siswa menurut umur dan jenis kelamin.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisa kualitatif dan kuantitatif, tujuan penelitian deskriptif. Prinsip penggunaan metode ini untuk memecahkan dan menganalisa masalah / fenomena yang terjadi sekarang dan sedang berlangsung.Dari hasil penelitian ini TK Islam Azkiya dalam penerimaan siswa baru wi wilayah Pamulang adalah menggunakan analisis SWOT dan alat yang digunakan dalam melihat dan menentukan penelitian ini menggunakan teknik analisis Boston Consulting Group (BCG) dan Business Life Cycle. Hasil analisis SWOT menunjukkan TK Islam Azkiya yaitu Pro-Perubahan, menerapkan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, menerapkan proses pembelajaran berbasis TIK, harga Penerimaa Siswa Baru (PSB) di sekolah TK Islam Azkiya termasuk cukup tinggi di daerah Pamulang. Dari hasil analisa Boston Consulting Group (BCG), nilai pertumbuhan TK Islam Azkiya sebesar 11,11% dan pangsa pasarnya pada tahun 2012/2013 lebih besar dari satu (>1).

Kata kunci : Strategi Bersaing

Downloads

Published

2017-12-02

How to Cite

Rahayu, S. (2017). ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI PAMULANG (Studi Kasus Orang Tua Siswa Pada TK. ISLAM AZKIYA). INOVASI, 4(2). https://doi.org/10.32493/Inovasi.v4i2.p%p.752

Issue

Section

Articles