PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SDN JOGLO 05 PAGI JAKARTA

Authors

  • Muhammad Rizal Saragih Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/Inovasi.v4i2.p%25p.754

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SDN JOGLO 05 PAGI JAKARTA. Seluruh negara di dunia memiliki sistem pendidikan formal yang wajib diberlakukan oleh seluruh warga negaranya. Pada umumnya, setiap warga negara wajib mengenyam pendidikan formal di tempat yang dinamakan sekolah. Dalam penelitian ini sekolah yang akan diteliti ialah SDN Joglo 05 Pagi Jakarta. Fenomena yang terjadi di sekolah ini ialah selama tiga tahun terakhir tingkat kelulusan siswa menurun, hal ini mencerminkan bahwa kinerja guru tersebut dikatakan menurun. Untuk menjelaskan lebih rinci mengenai fenomena yang terjadi di SDN Joglo 05 Pagi Jakarta, peneliti menghubungkannya dengan variabel bebas yang terdiri atas budaya organisasi, kompetensi guru, dan motivasi karena ketiga hal tersebut juga merupakan permasalahan pokok yang terjadi di tempat penelitian ini. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh budaya organisasi, kompetensi guru, dan motivasi terhadap kinerja guru SDN Joglo 05 Pagi Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode survei dengan metode pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa budaya organisasi, kompetensi guru, dan motivasi berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru SDN Joglo 05 Pagi Jakarta serta kompetensi guru sangat berpengaruh dominan terhadap peningkatan kinerja guru SDN Joglo 05 Pagi Jakarta.

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kompetensi Guru, Motivasi.

Downloads

Published

2017-12-02

How to Cite

Saragih, M. R. (2017). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SDN JOGLO 05 PAGI JAKARTA. INOVASI, 4(2). https://doi.org/10.32493/Inovasi.v4i2.p%p.754

Issue

Section

Articles