PELATIHAN PEMBUATAN NASKAH BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MS.WORD. DI PESANTREN AS-SITTU PANDEGLANG

Authors

  • Sahlan Sahlan
  • Maulana Muhamad Sulaiman
  • Iwan Giri Waluyo
  • Romi Andrianto
  • Muhamad Arief Yulianto

Abstract

Pondok pesantren As-Sittu yang berlokasi di Kp. Geuleuh Careuh RT/RW 05/02 Kabupaten Pandeglang Banten adalah pesantren tradisional yang didirikan sekitar tahun 1988, pondok pesantren ini masih bersifat tradisional, artinya pendidikan yang diselenggarakan di pondok pesantren ini hanya pendidikan yang bersifat keagamaan saja, baik pengajian kitab - kitab kuning maupun program hafalan Al-quran. Sebagian besar santri di pondok pesantren berasal dari luar daerah, dominan berasal dari wilayah sumatera yaitu Jambi dan sekitarnya. Karena pondok pesantren As-Sittu masih bersifat tradisional, maka di pondok pesantren belum memiliki program pendidikan atau pengajaran materi formal khususnya  Pendidikan di bidang teknologi informasi sebagaimana layaknya Pondok pesantren modern yang bersifat Boarding School atau  pondok pesantren  modern saat ini, terlebih lagi perkembangan teknologi informasi melaju begitu pesat.

Untuk itu pengusul berinisiasi memberikan Pendidikan bidang teknologi informasi kepada para santri pondok pesantren As-Sittu berupa pelatihan pembuatan naskah bahasa arab menggunakan Microsoft Word dengan tujuan agar para santri dapat memiliki kemampuan menulis bahasa  arab menggunakan media komputer. Berdasarkan analisis situasi yang ada, maka kami bersama mitra menempatkan masalah yang harus ditangani antara lain : Pondok pesantran As-Sittu merupakan sebuah pondok pesnatren yang hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama dan belum menerapkan pendidikan berbasis keterampilan (skills). Pondok pesantran As-Sittu merupakan pondok pesantren tradisional sehingga dalam proses pembelajaran masih menggunakan media tulisan tangan. Para pengasuh dan santri masih minim pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: microsoft word; naskah arab; pesantren; pelatihan;

 

Published

2022-07-27

Issue

Section

Articles