Pembinaan Ekonomi Mandiri bagi UKM Keripik Pisang Melalui Peningkatan Produksi dan Manajemen Pemasaran

Authors

  • Trija Fayeldi Universitas Kanjuruhan Malang
  • Yuniar Ika Putri Pranyata Universitas Kanjuruhan Malang
  • Riski Nur Istiqomah Dinnullah Universitas Kanjuruhan Malang

Keywords:

ukm, mesin pengiris, mesin modifikasi fryer-spinner, sealer

Abstract

Desa Cendono merupakan daerah penghasil buah pisang di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Banyak masyarakatnya yang mengolah pisang tersebut menjadi keripik. Proses pembuatan keripik ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pengupasan dan pencucian, tahap pengirisan, tahap penggorengan dan tahap pengemasan. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra dalam usahanya ini antara lain efisiensi waktu dan produktivitas rendah, kualitas produk belum optimal, kurangnya inovasi pengemasan produk, tidak ada diversifikasi produk, omzet tidak dapat diperoleh dengan maksimal. Solusi permasalahan yang ditawarkan oleh tim PKM Unikama adalah desain dan pembuatan mesin pengiris pisang, mesin modifikasi fryerspinner, dan sealer dalam usaha peningkatan kuantitas dan kualitas produksi keripik mitra, pengembangan produk keripik pisang dengan varian rasa dan kemasan yang ekonomis, pembuatan web online dan pemasaran berbasis e-commerce, pembuatan banner pemasaran pada tempat produksi. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan program, dan tahap evaluasi dan monitoring. Tahap persiapan meliputi desain dan pembuatan mesin, dan website e- commerce dan pemasarannya secara online. Tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendampingan penggunaan mesin. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain efisiensi waktu produksi, diversifikasi produk, dan jangkauan pemasaran yang semakin luas. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa efisiensi waktu produksi dan perluasan jangakauan pemasaran dapat meningkatkan omzet mitra melalui pemberdayaan ekonomi secara mandiri.

References

Badan Pusat Statistik. 2017. “Produksi Sayuran dan Buah-buahan Tahunan di JawaTimur Tahun 2008-2017†(Online) https://jatim.bps.go.id/statictable/2018/11/06/1367/produksi-sayuran-dan-buah-buahan-tahunan-di-jawa-timur-ton-2008-2017.html. [19/06/2020].

Dinnullah, Riski Nur Istiqomah, Shafiq Nurdin, and Sumadji Sumadji 2018 Packing Process Dalam Pelatihan Kemandirian Ukm Kerupuk Bawang Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) 6(2). https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jadimas/article/view/882, accessed September 4, 2020.

Hidayati, Tri Nur, and Suhartini Suhartini 2018 Analisis Daya Saing Ekspor Pisang (Musa Paradiacal.) Indonesia Di Pasar Asean Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis 2(4): 267–278.

Nurhayati, Cucu, Yus Rusman, and Cecep Pardani 2017 ANALISIS USAHATANI PISANG AMBON (Musa acuminate L). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 1(2): 83–88.

Sari, Ratna, Enjah Pipit Fitriyadi, Budi Apriyanto, Joko Triyanto, and Ahmad Fikri Zulfikar 2020 PENINGKATAN KESEJAHTERAAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MELALUI E-COMMERCE DAN PROMOSI JEJARING SOSIAL MEDIA (Studi Kasus: Kelurahan Gunung Sindur Kabupaten Bogor). JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat 1(1): 83–96.

Singh, Balwinder, Jatinder Pal Singh, Amritpal Kaur, and Narpinder Singh 2016 Bioactive Compounds in Banana and Their Associated Health Benefits – A Review. Food Chemistry 206: 1–11.

Vu, Hang T., Christopher J. Scarlett, and Quan V. Vuong 2018 Phenolic Compounds within Banana Peel and Their Potential Uses: A Review. Journal of Functional Foods 40: 238–248.

Zahra, Latifa, and Bagus Ajy Waskyto Sugiyanto 2020 PELATIHAN JEJARING MEDIA SOSIAL UNTUK MEMPERKUAT BRAND DESA (Di Desa Nitiprayan, Kelurahan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat 1(2): 77–87.

Published

2020-12-25

Issue

Section

Articles