ANALISIS PERKEMBANGAN KECERDASAN BUATAN DALAM INDUSTRI GAME

Authors

  • Erlita Yohana
  • Arief Nuur Hidayat
  • Faizal Musthafa Abdullah
  • Muhammad Akbar
  • Perani Rosyani

Abstract

Game atau yang lebih dikenal dengan video game, merupakan jenis permainan yang menggunakan teknologi modern. Game merupakan salah satu industri yang terbilang besar di dunia sampai saat ini. Industri ini terbilang besar karna jumlah peminat game dari seluruh dunia mencapai ratusan bahkan milyaran pengguna. Game sendiri bisa di akses dengan cara offline ataupun online lewat suatu perangkat seperti computer, android, dan mesin game. Dalam video game, diterapkan juga sebuah Artificial intelligence. Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang dipasang pada sistem computer memungkinkan pemain untuk bermain melawan komputer dengan keadaan seolah-olah ia melawan pemain lainArtificial intelligence atau kecerdasan buatan adalah suatu simulasi dari kecerdasan manusia yang dimeodelkan di dalam mesin dan di program agar mampu berfikir layaknya manusia. Kecerdasan buatan merupakan suatu teknologi yang membutuhkan data untuk dijadikan pengetahuan agar kecerdasan yang dibuat dapat menjadi lebih baik lagi sehingga bisa terus berkembang dan belajar dari kesalahan yang sebelumnya. Kecerdasan buatan dalam proses belajarnya bisa dengan perintah manusia maupun dengan sendirinya berdasarkan pengalaman AI saat digunakan oleh manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan penerapan artificial intelligence dalan industry game.

Kata kunci : Game; Artificial Intelligence; Industri;

References

P. Studi, A. Fakultas, S. Media, I. Seni, and I. Yogyakarta, “Tinjauan Historis Kecerdasan Buatan Dalam Games,†J. Animat. Games Stud., vol. 1, no. 2, pp. 135–164, 2015, doi: 10.24821/jags.v1i2.1302.

S. Septa and A. Saifudin, “Penerapan Algoritma Finite State Machine pada Game Horror 3D untuk Melestarikan Budaya Tradisional Bangsa Berbasis Android,†J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 1, p. 23, 2019, doi: 10.32493/informatika.v4i1.2675.

B. Billy, I. Kuswardayan, and W. N. Khotimah, “Implementasi Artificial Intelligence pada game Defender of Metal City dengan menggunakan Finite State Machine,†J. Tek. ITS, vol. 6, no. 2, pp. 640–645, 2017, doi: 10.12962/j23373539.v6i2.25151.

E. T. Prasetyo and N. D. Retnowati, “Penerapan Kecerdasan Buatan Pada Game ‘Air Strike Stta’ Berbasis Client Server Pada Android,†Compiler, vol. 4, no. 1, pp. 15–20, 2015, doi: 10.28989/compiler.v4i1.83.

M. I. A. Putera and D. H. Murti, “Peningkatan Kecerdasan Computer Player Pada Game Pertarungan Berbasis K-Nearest Neighbor Berbobot,†JUTI J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 16, no. 1, p. 90, 2018, doi: 10.12962/j24068535.v16i1.a710.

A. Susilo, H. Setiawan, R. A. Saputro, T. Purwadi, and A. Saifudin, “Penggunaan Metode Naïve Bayes untuk Memprediksi Tingkat Kemenangan pada Game Mobile Legends,†vol. 4, no. 1, pp. 46–51, 2021, doi: 10.32493/jtsi.v4i1.7807.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles