SISTEM DIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI FORWARD CHAINING

Authors

  • Dennis Yazdanti

Abstract

Sistem pakar adalah sistem komputer yang berisi seperangkat aturan untuk memecahkan masalah seperti seorang pakar. Paru-paru merupakan salah satu organ pernapasan yang rentan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan metode pohon keputusan dan dempster shafer pada diagnosis penyakit paru dan mengukur akurasi sistem. Gejala dicari dengan menggunakan pohon keputusan forward chaining dan diagnosisnya dihitung menggunakan metode dempster shafer. Metode Dempster Shafer menghitung kemungkinan suatu penyakit paru berdasarkan nilai densitas probabilitas yang dimiliki oleh setiap gejala. Penelitian ini menggunakan 65 data yang diperoleh dari rekam medis Puskesmas Tegowanu Kabupaten Grobogan. Gejala umum dan jenis penyakit digunakan sebagai variabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil diagnosis menggunakan metode dempster shafer memiliki akurasi 83,08%.

References

Ika Martha Amalia; Deni Arifianto; Agung Nilogiri. (2019). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB.

Joko Trianto. (2018). PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT DIARE PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN BERBASIS MOBILE ANDROID.

Karimah, Za Idatin Nikmah, Silfa Kurnia Aditya, & Elyza Gustri Wahyuni. (2019). Aplikasi Web Untuk Pendeteksi Penyakit Paru – Paru.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles