ANALISIS FUZZY LOGIC MENENTUKAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SMARTPHONE XIAOMI DENGAN METODE MAMDANI

Authors

  • Aprilia Agustin Universitas Pamulang

Abstract

Smartphone merupakan salah satu teknologi yang berkembang sangat cepat dari tahun ke tahun. Smartphone kini telah banyak bermunculan merek-merek baru di era digital. Persaingan smartphone saat ini saling bersaing satu sama lain untuk menciptakan produk unggulan mereka. Xiaomi Inc. merupakan perusahaan swasta yang bergerak pada bidang elektronik yang memiliki kantor pusat di Beijing, Tiongkok. Produk Xiaomi yang banyak dipilih oleh konsumen salah satunya smartphone. Produsen smartphone xiaomi mengeluarkan tipe smartphone yang berbeda-beda satu sama lain sesuai dengan kebutuhan dan keuangan konsumen. Untuk menentukan tingkat kepuasan pada penggunaan smartphone xiaomi yang banyak digunakan, penulis membuat penelitian untuk menganalisis untuk menentukan faktor yang mempengaruhi penggunaan smartphone xiaomi dengan menggunakan Fuzzy Logic metode mamdani.

References

AMILIA, S. 2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa.†Jurnal Manajemen dan Keuangan Unsam 6(1): 660–69.

Munawaroh. 2018. “Analisa Dan Penerapan Fuzzy Inference System Metode Mamdani.†Jurnal Informatika Universitas Pamulang 3(1): 23–28.

Nasir, Januardi. 2017. “Analisis Fuzzy Logic Menentukan Pemilihan Motor Honda Dengan Metode Mamdani.†Edik Informatika 3(2): 177–86.

Rosyani, Perani, dan Saprudin Saprudin. 2020. “Deteksi Citra Bunga Menggunakan Analisis Segmentasi Fuzzy C-Means dan Otsu Threshold.†MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer 20(1): 29–36.

Junianto, Mochammad Bagoes Satria. 2017. “Fuzzy Inference System Mamdani dan the Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk Prediksi Permintaan Dompet Pulsa pada XL Axiata Depok.†Jurnal Informatika Universitas Pamulang 2(2): 97.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles