PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA PROSES PENGOLAHAN VIDEO DAN GAMBAR DI SMK MATHLA’UL ANWAR

Authors

  • Akhmat Fikri Septiawan
  • Fredy Setiawan
  • Ivani Marlina
  • Iskandar Dinata
  • Riyan Nofriyana
  • Rizqa Rahmawati
  • Nursa Fitriah
  • Muhammad Busyrol Kafi
  • Danu Saputro
  • Muhammad Nur Fadillah

Abstract

Pada Jurnal ini Penulis menguraikan hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Seminar yang diberikan oleh Mahasiswa di dampingi oleh dosen pembimbing Universitas Pamulang di lingkungan sekolah di jurusan Multimedia. Setelah diamati ternyata yang mereka kuasai dari materi Pembelajaran adalah bidang Pengolahan Gambar dan Video. Sedangkan bidang kecerdasan buatan, jarang diminati atau jarang di Aplikasikan oleh para siswa-siswi, karena pembelajarannya lebih sulit dari aplikasi atau pemrograman yang lainnya. Padahal sistem kecerdasan buatan merupakan bidang yang tidak kalah pentingnya dalam multimedia dan komputer. Kecerdasan buatan perlu dipelajari dan dikuasai terutama oleh siswa-siswi jurusan multimedia untuk merancang suatu sistem pengolahan gambar dan video yang di aplikasikan kepada keahlian seseorang pakar, untuk mengantisipasi kebutuhan dan pelayanan kepada customer atau yang membutuhkannya jika seorang ahli ada kendala, dan sebagai sistem kerja pendamping dalam melakukan pengolahan gambar dan video. Materi kecerdasan buatan diajarkan kepada siswa-siswi supaya mereka dapat dan mampu membuat aplikasi buatan sesuai dengan bidang kerja masing-masing termasuk bidang Desainer, Ilustrator, Editor Video, Game Maker. Disamping itu nantinya siswa-siswi dapat mengembangkan Perangkat Lunak Komputer ( Software ), untuk menghadapi tantangan kebutuhan masyarakat dalam bidang Teknologi Perangkat Lunak (Sofware) Komputer, untuk melaksanakan tugas dan pekerjaanya di bidang masing-masing, yang didukung oleh keahlian seseorang dalam pekerjaannya.

Kata Kunci : Kecerdasan Buatan, Pengolahan Gambar dan Video, Multimedia

References

AI, I. DASAR ARTIFICIAL INTELLIGENCE. "Kecerdasan Buatan." (2011).

Prabowo, Dedy Agung, and Dedy Abdullah. "Deteksi dan perhitungan objek berdasarkan warna menggunakan Color Object Tracking." Pseudocode 5.2 (2018): 85-91.

Rafki Fachrizal, 2021, Contoh Implementasi Teknologi AI di Platform Streaming Film Netflix, https://infokomputer.grid.id/read/122837009/contoh-implementasi-teknologi-ai-di-platform-streaming-film-netflix, diakses tgl 22 Oktober 2021

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles