MEMPERKENALKAN BUKU ELEKTRONIK UNTUK SARANA PEMBELAJARAN KEPADA ANAK-ANAK SAUNG BACA DI

Authors

  • Muhamad Ridzal Khasbullah Pamulang University
  • Achmad Fadhliluddin Ginanjar
  • Alfian Widitama
  • Basmara Burhanudin
  • Handri Kusuma
  • Muhamad Oktavian Rifqih Rizki
  • Obbie Prasetyo
  • Rico Federic
  • Muhammad Rozali Prayoga
  • Dede Eko Saputro

Abstract

Smartphone adalah perangkat elektronik kecil layaknya sebuah komputer yang memiliki fungsi khusus untuk mengunduh informasi-informasi terbaru dengan berbagai teknologi maupun fitur terbaru, sehingga manusia menjadi lebih praktis untuk mengakses data, Sekarang ini, pengguna smartphone sudah sampai pada kalangan anak-anak. Namun kenyataannya sangat sedikit anak-anak yang menggunakan smartphone secara bijak dan benar. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang bahaya dan manfaat smartphone dan buku elektronik kepada anak-anak Saung baca, juga untuk meningkatkan jiwa inovasi dan kreativitas anak. Dalam kegitan ini kami menggunakan metode demontrasi, kami menunjukan dan menjelaskan dampak baik dan buruknya penggunaan smartphone dan buku elektronik, dengan upaya tersebut anak-anak dapat mengetahui beragam aplikasi-aplikasi smartphone dan buku elektronik yang berdampak baik dan buruk bila dilakukan secara berlebihan. Efek dari pengabdian kepada masyarakat di Saung baca ini yaitu pemahaman anak-anak mengenai bahaya dan manfaat smartphone dan buku elektronik masih sangat minim sehingga dibutuhkan perhatian ekstra untuk anak-anak tersebut supaya dapat mengetahui dampak negatif dari smatrphone dan buku elektronik. Diharapkan dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini anak-anak dapat mengetahui dengan baik dampak baik dan buruk dari penggunaan smartphone dan buku elektronik, dan terus mengeksplor kreativitas nya dengan media apapun.
Kata kunci :Edukasi, Smartphone, Kreativitas

Author Biography

Muhamad Ridzal Khasbullah, Pamulang University

Teknik Informatika

References

Rizal Fadli, 2021, “Bahaya Kecanduan Gadget pada Anak Milenial†Diakses dari https://www.halodoc.com/artikel/bahaya-kecanduan-gadget-pada-anak-milenial Pada 10 Juni 2021

Fitria, H. (2018). Pengembangan Strategi Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Smaldino, S., Deborah, L., & Lowther, J. (2008). Instructional Technology and Media for Learning. Canada: Pearson.

Puryanto, 2020, “Teknologi Pendidikan Era Digital†Diakses Dari https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/teknologi-pendidikan-era-digital Pada 14 Oktober 2021

Downloads

Published

2022-05-12