memberi game dengan apk quizizz yang berisi edukasi materi yang telah di sampaikan

Authors

  • Hilaludin Hilaludin
  • Indira Novi Yulianti
  • Zikry Rhoviq Ghozali
  • Suhendri Suhendri
  • Muhammad Abdul Aziz
  • Moh Khallid Masoud
  • Nur Hidayah
  • Ardianto Tafonao
  • Daniel Faturiyan
  • Karno Nano

Abstract

Pemberlakuan pembelajaran tatap muka dengan pembatasan durasi pembelajaran memberikan dampak positif dan negatif bagi tenaga pengajar dan murid di Madrasah Ibtidaiyah Curug. Dampak positif yang dirasakan berupa kemudahan dalam proses pembelajaran tatap muka, tenaga pengajar juga dapat mengamati perkembangan pembelajaran murid dengan langsung begitu juga dengan murid yang mudah mengerti dibandingkan sekolah secara online .  Dampak negatif yang dirasakan berupa adanya penambahan tugas bagi murid agar tetap dapat memenuhi kompetensi pembelajaran.

Para orang tua juga diharapkan mampu memberikan pengertian kepada anak bahwa dengan adanya kondisi pandemi ini anak harus mampu mengejar materi yang diberikan oleh guru hingga anak tidak mengalami ketertinggalan materi. Bagi para orang tua juga diharapkan dapat mendampingi anak dalam proses pembelajaran serta membantu kesulitan yang ditemui anak. Jika adanya kerja sama yang baik antar orang tua dan guru maka diharapkan murid mampu menjalankan pembelajaran dengan baik meskipun ada pembatasan durasi yang diberlakukan akibat pandemi covid-19.

 

 

 

References

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. 2020. Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. 2020. Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870.

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Mastura, M., & Santaria, R. 2020. Dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289-295.

Handayani, L. 2020. Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15-23.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. 2020. Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Engko, C., & Usmany, P. 2020. Dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online. Jurnal Akuntansi, 6(1), 23-38.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles