DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP ANAK-ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Adi Saputra
  • Agung Prasetiyo
  • Charlie Pranata Purba
  • Eko Sugeng Riyadi
  • Imam Yusuf Arbianto
  • Muhammad Fahmi
  • Muhamad Fiqih Julian Azni
  • Slamet Rio Putra Pratama
  • Teddy Djulianto
  • Firman Pratama
  • Muhammad Dimas Nugroho

Abstract

Perkembangan zaman pada era teknologi sangatlah pesat. Seperti salah satunya adalah game online yang memiliki dampak negatif dan positif, apalagi pada masa pandemi Covid-19 seperti ini. Pada masa pandemi Covid-19 ini kita diwajibkan untuk melakukan semua kegiatan dari dirumah, salah satunya adalah dengan belajar di rumah. SDN Pamulang Barat adalah salah satu lembaga pendidikan yang terdampak pada masa pandemi ini. Banyak sekali permasalahan yang muncul, salah satunya adalah dampak game online terhadap anak-anak. Game online tersebut memiliki daya tarik yang dapat membuat anak-anak menjadi kecanduan, hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya anak-anak yang menghabiskan waktunya untuk bermain game online, sehingga aktivitas lainnya dapat terganggu. Salah satu dampak negatif dari game online yaitu dapat mempengaruhi karakter pada siswa-siswi. Dalam rangka mengurangi dampak ketergantungan terhadap game online, maka mahasiswa mengadakan kegiatan sosialisasi DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP ANAK-ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 kepada siswa-siswi SDN Pamulang Barat. Tujuan dari kegiatan adalah menjelaskan dampak akibat dari bermain game online dan bagaimana cara mengatasi kecanduan bermain game online pada masa pandemi Covid-19. Pengabdian ini dilakukan dengan cara memberi edukasi kepada anak-anak kelas 6 SDN Pamulang Barat. Dari hasil edukasi yang telah diberikan,  ditemukan beberapa siswa-siswi yang suka bermain game online secara berlebihan. Kami berharap edukasi yang telah kami berikan kepada siswa-siswi SDN Pamulang Barat dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

References

Ananda, D. S. (2021). Penyuluhan Dampak Game online Bagi Siswa SMP X Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(01), 20. https://doi.org/10.33884/jpb.v3i01.2710

Angga Ardiansyah, Dany Pratmanto, A. S. M. (2018). Issn : 2461-0690 Issn : 2461-0690. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering Implementasi, 4(2), 6–13. Retrieved from https://ijse.web.id/jurnal/index.php/ijse/article/view/77/77

Berdaya, M., Putu, N., Pramesti, R., Odelia, A., Trisna, E., Adinda, H., … Primasari, C. H. (2020). Sosialisasi dampak game online terhadap anak-anak. 1(2), 69–73.

Ishak, & Torro, S. (2016). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 136–142. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2376

Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2019). Dampak Game online Mobile Legends : Bang Bang terhadap Mahasiswa Impact of Online Mobile Legends Game : Bang Bang for Students. Perspektif, 7(1), 6–12.

Downloads

Published

2022-05-12