SOSIALISASI PEMBUATAN MAKALAH MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD PADA SISWA/I SMPN 23 TANGERANG SELATAN

Authors

  • Anugrah Nanda Pratama S
  • Adi Febriansyah
  • Agus Sofyan
  • Arniati Burara’
  • Dani Sukmawan
  • Dika Handika
  • Diko Purwa Sulistyanto
  • Dewi Hosiani Daeli
  • Efrida Jenau
  • Irene Dian Nirvani
  • Meidy Fajar Wahyu, S.T,M.Kom

Abstract

Komputer merupakan salah satu media elektronik yang banyak digunakan untuk memudahkan  manusia mengelola data dan menyimpan informasi (data  storage) dengan praktis dan efisien. Pada era serba digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer telah mempengauhi berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan tidak dapat disangkal lagi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi pendampingan kepada peserta didik di SMP Negeri 23 Tangerang Selatan, Banten dalam mengoperasikan Micrososft Word untuk pembuatan makalah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam melakukan tugas sekolah seperti makalah dengan menggunakan aplikasi pengolah kata. Metode yang digunakan dalam upaya mencapai target atau tujuan yang telah direncanakan adalah ceramah dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan peserta didik terkait program aplikasi Microsoft Word dan pembuatan makalah di Micrososft Word. Peserta didik di SMP Negeri 23 Tangerang Selatan merasa terbantu dengan adanya program ini sehingga mereka dapat menggunakan komputer atau laptop dan menggunakan aplikasi Microsoft Word dalam mengerjakan tugas sekolah dengan baik, seperti membuat makalah. Peserta didik memberikan respon yang sangat positif terhadap kegiatan yang dilakukan dan menilai kegiatan ini sangat bermanfaat.

 

References

Darmawanti, Lubis, I., & Liza, R. (2020). Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Ms. Office 2019 Pada Siswa Di Smk Dwitunggal 1 Tanjung Morawa. DANAMISIA, No.1, Vol.4, 18-25 : https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/3751/2065.

Purnomo, C.H. (2010). Panduan Belajar Otodiak Microsoft Office Word. Jakarta: Mediakita.

Sari, R., A. Fitriyani, R.D. Prabandari. (2020). Optimalisasi Penggunaan MS. Word dan MS. Excel Pada Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi. ABDIMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), No.3, Vol.2, 95-104 : https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/601/417.

Widyastono, H. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Akreditas A di Provinsi Jawa Timur. Kwangsan, No.1, Vol.5, 21-38 : https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/issue/view/9.

Rosyida, M., Marhaini, Sari, R. K., Ardianto, F., & Apriani, Y. (2019). Pelatihan Penggunaan Mmicrosoft Office Bagi Guru SMP. JAMALI, No.1, Vol.2, 70-78 : https://journal.uii.ac.id/JAMALI/article/view/13533/9650.

Yusmantara, M. (2019). Bagian-Bagian Microsoft Word dan Tampilan Microsoft Word. https://www.advernesia.com/blog/microsoft-word/tampilan-microsoft-word, diakses tgl 23 September 2021

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles